Kamis, 06 Jan 2022 05:24 WIB

Gigi Geraham Bungsu Selalu Tumbuh Paling Lambat, Teryata Ini Penyebabnya

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background Gigi geraham bungsu selalu tumbuh paling belakangan (Foto: iStock)
Jakarta -

Gigi geraham bungsu merupakan gigi geraham ketiga atau terakhir yang tumbuh saat akhir masa remaja atau awal usia 20-an. Bagi mereka yang punya karakteristik rahang lebar dan besar, ada kemungkinan gigi bungsu dapat tumbuh dengan baik dan normal.

Hal itu karena rahang memiliki cukup tempat untuk gigi bungsu, sehingga gigi juga akan tumbuh dengan baik dan lurus tanpa terasa sakit.

Namun, adapun pertumbuhan gigi bungsu yang dapat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Hal ini dikarenakan rahang tidak memiliki tempat yang cukup besar untuk tumbuhnya gigi bungsu. Kondisi ini juga akan menyebabkan rasa sakit pada gigi hingga terasa berdenyut-denyut.

Lalu, mengapa gigi bungsu selalu tumbuh paling lambat?

Dikutip dari Live Science, penyebab gigi geraham bungsu selalu tumbuh terlambat saat usia akhir remaja atau awal 20-an, yaitu karena pada masa anak-anak rahang tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuhnya gigi bungsu.

Tetapi, seiring dengan pertumbuhan seseorang, rahang juga ikut membesar dan berkembang, sehingga ada lebih banyak ruang untuk gigi bungsu tumbuh.

Namun sayangnya, semakin ke sini banyak rahang manusia yang proses tumbuhnya lebih lambat, sebagai tempat tumbuhnya gigi bungsu tanpa masalah. Itulah sebabnya pencabutan gigi bungsu sangat umum dilakukan.

Alasan lain gigi bungsu tumbuh di akhir remaja atau awal usia 20-an yaitu karena gigi tersebut tidak dibutuhkan sampai saat itu.

Tujuan gigi bungsu tumbuh yaitu untuk menggantikan gigi geraham mereka yang hilang akibat mengonsumsi makanan keras.

"Gigi bungsu dimaksudkan sebagai semacam cadangan untuk seseorang yang mungkin kehilangan gigi geraham," kata Steven Kupferman, ahli bedah mulut di Cedars Sinai Los Angeles.

Tetapi karena kebanyakan orang tidak kehilangan gigi gerahamnya saat masih anak-anak, gigi bungsu akan menunggu sampai seseorang beranjak dewasa untuk tumbuh. Dengan kata lain, jika seseorang kehilangan gigi gerahamnya, maka gigi bungsu secara otomatis diprogram untuk menutup celah dari hilangnya gigi geraham tersebut.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)