Kamis, 06 Jan 2022 06:56 WIB

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut serta Cara Pakainya

Maulida Balqis - detikHealth
Young brunette lady combing her beautiful long hair. isolated white Manfaat minyak zaitun untuk rambut (Foto: iStock)
Jakarta -

Minyak zaitun kerap digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut yang dipercaya dapat menambah kilau, melembutkan, dan menguatkan rambut. Minyak yang juga dikenal sebagai pengganti minyak goreng ini kaya akan kandungan yang dapat melembapkan rambut serta mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut beserta cara pemakaiannya.

Minyak zaitun mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat membantu mengunci kelembapan dan memperkuat helai rambut. Dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin E dan K, oleuropein, serta squalane, menjadikan minyak zaitun selalu dipercaya dalam perawatan rambut dan kulit kepala.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut, dikutip dari MedicineNet.

1. Menghaluskan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang pertama adalah menghaluskan rambut. Kandungan asam lemak esensial pada minyak zaitun dapat membantu melapisi helai rambut sehingga memberikan penampilan rambut yang lebih halus dan sehat. Bila digunakan pada kondisi yang tepat, minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi kekeringan dan kekusutan pada rambut.

2. Melembapkan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang kedua adalah melembapkan rambut. Karena sifatnya yang ringan dan kaya akan nutrisi, minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pelembap alami untuk kulit kepala. Minyak zaitun juga kaya vitamin A dan E yang dapat melindungi keratin di rambut dan membantu mempertahankan kelembapan rambut.

3. Menguatkan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang ketiga adalah menguatkan rambut. Secara alami, minyak zaitun memiliki sifat antioksidan, anti-aging, dan squalane, yaitu sebuah senyawa yang bersifat menghidrasi. Ketiga kandungan ini menjadikan minyak zaitun efektif untuk memperkuat serta mengilaukan rambut.

4. Mencegah kerusakan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang keempat adalah mencegah kerusakan rambut. Melakukan perawatan minyak hangat dengan memanfaatkan minyak zaitun dapat membuat rambut menjadi lebih mudah diatur serta tidak mudah rusak.

5. Menutrisi kulit kepala

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang kelima adalah menutrisi kulit kepala. Minyak zaitun kerap digunakan sebagai obat luka bakar. Ketika dikombinasikan dengan essential oil dan minyak perawatan ketombe, minyak zaitun dapat membantu mengatasi ketombe serta kulit kepala kering.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

Dikutip dari Healthline, minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner rambut dengan beberapa langkah berikut.

1. Ukur

Bila Anda belum pernah menggunakan minyak zaitun untuk rambut, maka sebaiknya gunakan 1-2 sendok makan untuk perawatan pertama. Banyaknya minyak zaitun yang digunakan tergantung pada kebutuhan Anda untuk melembapkan rambut. Bila ingin melembapkan seluruh rambut, maka gunakanlah seperempat cangkir minyak zaitun untuk perawatan.

2. Pijat

Pijatlah minyak ke rambut Anda selama beberapa menit. Anda juga bisa memijatnya ke kulit kepala bila kulit kepala terasa kering. Untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah tutup rambut Anda menggunakan shower cap dan biarkan minyak meresap selama 15 menit atau lebih.

3. Bilas

Sisir rambut Anda terlebih dahulu sebelum mencuci rambut. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyisir dan menata rambut setelahnya. Keramaslah dengan shampo dan keringkan rambut. Anda mungkin perlu keramas beberapa kali untuk menghilangkan minyak-minyak yang tersisa.



Simak Video "Penjelasan Kemenkes soal Kriteria Suspek-Konfirmasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)