Kamis, 06 Jan 2022 19:45 WIB

8 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami, Bisa Coba Nih!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi sakit gigi Deretan obat sakit gigi berlubang alami yang bisa dicoba di rumah. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik)
Jakarta -

Gigi yang berlubang menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Sensasi ngilu dan nyeri yang muncul akibat gigi berlubang terkadang bikin orang tak tahan. Kira-kira apa sih obat sakit gigi berlubang yang ampuh meredakannya dengan cepat?

Umumnya gigi yang berlubang dapat diatasi dengan obat-obat medis. Namun, mengonsumsi obat medis yang terlalu sering dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Daripada pusing-pusing memikirkan efek samping dari obat, ada baiknya menggunakan obat sakit gigi berlubang dari bahan alami yang tak kalah efektif dengan obat medis. Selain cepat atasi nyeri, bahan-bahan alami juga aman digunakan loh.

Obat Sakit Gigi Berlubang

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan alami atau tradisional ini dapat mengatasi gigi berlubang:

1. Kumur air garam

Obat sakit gigi berlubang bisa diatasi dengan berkumur air garam loh. Hal ini karena garam memiliki sifat antibakteri yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi.

Bahkan, cara ini juga dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab infeksi di mulut dan membersihkan sisa makanan yang masih tersangkut.

2. Bawang putih

Sejak dulu, bawang putih dipercaya sebagai obat sakit gigi berlubang. Kandungan antiseptik dan allicin di dalamnya dapat melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Caranya, bisa kunyah bawang putih atau menempelkan pada gigi yang berlubang.

3. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah memiliki kandungan antimikroba dan antiseptik yang ampuh sebagai obat sakit gigi berlubang. Caranya juga sama seperti bawang putih, bisa dikunyah atau ditempelkan ke bagian gigi yang sakit.

4. Teh peppermint

Teh peppermint bisa jadi sebagai salah satu obat sakit gigi berlubang yang bisa dicoba. Teh ini memiliki kandungan senyawa antibakteri, antioksidan, dan mentol yang dapat meredakan nyeri pada gigi yang sakit.

5. Akar manis

Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada American Chemical Society's Journal of Natural Products, licorice atau akar manis diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan gigi.

Akar manis memiliki kandungan senyawa licoricidin dan licorisoflavan A yang bersifat antibakteri untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, akar manis juga dapat mengurangi plak pada gigi loh. Caranya, gunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi.

6. Kompres es batu

Obat sakit gigi berlubang berikutnya bisa menggunakan es batu. Suhu dingin yang dihasilkan es batu bisa mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Caranya, tempelkan es batu pada gigi dan diamkan selama 15 menit ya.

7. Daun jambu biji

Tanaman ini memiliki kandungan analgesik, bersifat antiradang dan antimikroba yang mampu menghentikan rasa sakit dan nyeri akibat gigi berlubang.

Caranya, rebus daun jambu biji sampai mendidih. Diamkan hingga beberapa menit, lalu gunakan untuk berkumur.

8. Aloe vera

Aloe vera dikenal sangat baik untuk kesehatan, baik itu kulit hingga rambut. Selain itu, ternyata aloe vera juga bisa digunakan sebagai obat gigi berlubang loh.

Berdasarkan studi tahun 2019, gel lidah buaya memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah penumpukan bakteri di mulut.

Nah, obat sakit gigi berlubang dari bahan-bahan alami seperti di atas ini memang harus digunakan secara rutin supaya lebih maksimal. Namun, tak perlu khawatir, aman digunakan kok!



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)