Jumat, 07 Jan 2022 08:04 WIB

Hai Calon Ibu! Simak 7 Tips Gaya Hidup Sehat Selama Kehamilan

Sponsored - detikHealth
Ibu Hamil Olahraga Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan di masa kehamilan. Sebab, bila ibunya sehat maka janin juga akan tumbuh dengan sehat hingga waktu kelahirannya nanti.

Salah satu caranya adalah dengan mengadopsi pola hidup yang sehat dan menjauhi hal-hal yang membahayakan kesehatan baik bagi ibu dan calon buah hati. Lantas, bagaimana kiat menjalani gaya hidup sehat selama masa kehamilan?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips gaya hidup sehat yang bisa dilakukan demi menjaga kesehatan bumil dan janin selama masa kehamilan.

1. Makan Makanan Bergizi

Asupan gizi yang cukup dan memadai mutlak harus dipenuhi oleh bumil setiap harinya. Untuk itu, konsumsi lah makanan-makanan bergizi seperti sayur, buah, kacang-kacangan, daging, telur, dan lain sebagainya.

2. Hindari Alkohol dan Kafein

Selama kehamilan, organ hati janin masih belum terbentuk dengan sempurna. Akibatnya, tubuh janin tidak bisa menyaring racun dan zat berbahaya lainnya.

Inilah alasan mengapa bumil harus menghindari alkohol dan kafein. Konsumsi alkohol dan kafein selama masa kehamilan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada janin, mulai dari gangguan pertumbuhan, lahir prematur, kematian janin mendadak, hingga keguguran.

3. Hindari Diet Selama Hamil

Berat badan yang semakin bertambah selama masa kehamilan mungkin membuat beberapa bumil risih dan berpikir untuk melakukan diet. Namun, diet dengan tujuan menurunkan berat badan saat hamil sangat tidak dianjurkan.

Selama hamil, ibu diharuskan untuk makan lebih banyak agar nutrisi yang diterima tubuh cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Karena itu, diet bisa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan bumil dan si buah hati.

4. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Selain melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi, air putih memiliki sejumlah manfaat lain yang dibutuhkan oleh bumil. Air putih dapat membantu perkembangan janin dan pembentukan plasenta sehingga janin bisa mendapatkan nutrisi dari makanan.

Selain itu, air putih membantu pembentukan kantung ketuban yang dapat melindungi bayi hingga waktu lahirnya nanti.

5. Rutin Berolahraga

Beberapa bumil mungkin berpikir olahraga dapat membahayakan janin. Faktanya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bumil dengan berolahraga secara rutin.

Olahraga yang teratur dapat mengurangi stres, mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh, memudahkan proses persalinan, membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan, hingga mengurangi risiko diabetes dan preeklamsia.

6. Tidur Cukup

Waktu tidur yang cukup memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Beberapa di antaranya mengurangi rasa mulas akibat pembesaran rahim, mengurangi stres akibat mood swing, melancarkan proses persalinan, hingga mencegah kelahiran prematur. Karena itu, pastikan waktu tidur bumil cukup dan teratur ya.

7. Konsumsi Suplemen di Masa Kehamilan

Makanan bergizi saja terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Untuk itu, bumil bisa melengkapinya dengan mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin.

Terutama, kebutuhan zat besi bagi ibu hamil dan menyusui yang seringkali belum terpenuhi hanya dari makanan. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti Bundavin.

Bundavin adalah suplemen multivitamin dan mineral yang diproduksi oleh PT Samco Farma untuk ibu hamil dan menyusui. Bundavin diberikan sebagai tambahan nutrisi untuk menjaga ibu hamil tidak sampai kekurangan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan janin yang di kandungnya. Bundavin bertindak sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium.

Suplemen diberikan jika asupan nutrisi dinilai belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Terutama untuk ibu hamil trimester pertama yang kerap tidak terpenuhi asupan nutrisinya akibat sering mual dan muntah.

BundavinBundavin Foto: Samco Farma

Saat ini, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Bundavin juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Itulah beberapa tips gaya hidup sehat yang bisa bumil praktekkan selama masa kehamilan. Jangan lupa konsumsi makanan sehat serta suplemen dan multivitamin agar kebutuhan nutrisi ibu dan janin senantiasa terjaga setiap harinya.

(Content Promotion/Samco Farma)