ADVERTISEMENT

Sabtu, 08 Jan 2022 05:00 WIB

Bisa Cegah Kanker, Ini 13 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

ma - detikHealth
Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini Manfaat Sehat Racikan Jamu Kelor Daun kelor (Foto: GNFI/iStock)
Jakarta -

Daun kelor sejak lama dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Akhir-akhir ini, daun kelor bahkan dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar dari produk perawatan kulit.

Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang berasal dari India Utara. Daun kelor diketahui memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Ia kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, dan antidepresan yang mampu memberikan beragam khasiat bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Lalu, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan?

Manfaat Daun Kelor

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Obat stres

Studi yang dipublikasi Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics menyebutkan bahwa daun kelor merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengatasi stres. Daun kelor memiliki adaptogen alami yang bisa melindungi tubuh dari efek racun akibat stres. Saat ini sudah banyak suplemen yang dibuat dari ekstrak daun kelor yang ditujukan untuk dikonsumsi supaya bisa menghindari stres.

2. Mengatasi diabetes

Mengonsumsi daun kelor ketika kadar gula darah naik merupakan pilihan yang tepat. Sebab, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 50 gram daun kelor bisa mengurangi gula darah hingga 21 persen. Adanya pengurangan gula darah ini ditemukan dalam darah dan urin. Selain itu, sebuah penelitian yang terdaftar di NCBI juga membuktikan bahwa daun kelor bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mencegah peradangan

Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan. Selain itu, daun kelor juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mencegah dan mengobati kanker

Banyak studi yang menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kemampuan dalam mencegah kanker. Kandungan niazimicin yang terdapat dalam daun kelor terbukti bisa menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia. Daun kelor dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker pada stadium awal.

5. Mengobati keluhan lambung

Ekstrak daun kelor juga dapat membantu mengobati beberapa gangguan perut, seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulseratif atau peradangan pada usus besar. Sifat antibiotik dan antibakteri yang terdapat di dalam daun kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen. Sementara kandungan vitamin B-nya yang tinggi dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

6. Membuat tulang lebih sehat

Daun kelor nyatanya mengandung kalsium dan fosfor yang dapat membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Seiring dengan kandungan sifat anti-inflamasinya, ekstrak daun kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan juga dapat menyembuhkan tulang yang rusak.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun kelor terbukti dapat membantu mencegah kerusakan jantung dan juga dapat menjaga kesehatan jantung.

8. Mengobati asma

Daun kelor dapat membantu mengurangi asma serta dapat melindungi bronkus dari penyempitan. Daun kelor juga telah terbukti dapat membantu fungsi paru-paru dan pernapasan secara keseluruhan.

9. Mempertajam penglihatan

Manfaat daun kelor lainnya yaitu membantu mempertajam penglihatan mata. Kandungan vitamin A di dalam daun kelor terbukti baik bagi penderita mata minus dan rabun senja. Daun kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh darah retina, mencegah penebalan membran kapiler, serta menghambat disfungsi retina.

Cara menggunakan daun kelor agar penglihatan tajam yaitu dengan melakukan beberapa langkah berikut. Siapkan daun kelor yang telah dicuci bersih dan dipisahkan dari batangnya. Haluskan daun kelor menggunakan blender atau alu. Masukkan daun kelor yang telah dihaluskan ke dalam satu gelas air. Biarkan larutan tersebut berada di dalam gelas dan jangan diaduk. Setelah beberapa menit, ampas dari daun kelor akan mengendap di bawah gelas. Anda dapat menggunakan air yang di atasnya sebagai obat tetes mata.

10. Mencegah penuaan dini

Daun kelor ternyata bisa membantu melawan radikal bebas dan mengatasi masalah kulit termasuk keriput dan garis halus. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi termasuk vitamin C, A, dan B membuat daun kelor bisa memberikan cahaya alami pada kulit sehingga kulit dapat tampak awet muda. Sifat antioksidan dalam daun kelor juga terbukti mampu menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

Untuk mencegah penuaan dini pada kulit, cobalah gunakan daun kelor sebagai masker. Anda dapat menghaluskan daun kelor terlebih dahulu kemudian oleskan pada wajah. Penggunaan masker daun kelor ini dipercaya sangat ampuh untuk menghaluskan kulit.

11. Mencegah bibir pecah-pecah

Daun kelor yang ditumbuk halus nyatanya bisa menghasilkan minyak alami yang baik untuk melembapkan bibir. Cara membuatnya cukup mudah. Tumbuk daun kelor sampai halus tanpa menggunakan air. Minyak daun kelor akan keluar sendiri setelah tumbukan menghalus. Oleskan minyak tersebut pada bibir setiap malam. Di pagi harinya, bibir Anda akan terlihat lebih lembap dan kenyal.

12. Mencerahkan warna kulit dan mengobati jerawat

Untuk mengatasi noda hitam di kulit, cobalah gunakan masker dari daun kelor. Tidak hanya efektif menghilangkan noda hitam, daun kelor juga ternyata ampuh mengatasi masalah jerawat. Menggunakan masker dari daun kelor dapat membantu mengatasi peradangan pada jerawat sehingga jerawat lebih cepat kempes.

13. Mendetoks tubuh

Memanfaatkan daun kelor untuk detoksifikasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayur kelor atau meminum jus dari sarinya. Kandungan daun kelor dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga tubuh terbebas dari berbagai masalah kulit, seperti misalnya jerawat.





Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT