Sabtu, 08 Jan 2022 14:30 WIB

Tak Perlu Mahal, Ini Cara Menghilangkan Ruam Kulit Secara Alami

Maulida Balqis - detikHealth
Closeup girl is scratching her hand with nails. Reddened, inflamed body parts causes discomfort and itching. Young woman is suffering from bouts of allergies. Dermatological skin diseases concept. Ilustrasi cara menghilangkan ruam kulit secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/monstArrr_
Jakarta -

Ruam kulit merupakan perubahan pada tekstur atau warna kulit yang menyebabkan kulit terasa gatal dan tidak nyaman. Kondisi yang dialami oleh sebagian pasien COVID-19 ini umumnya menimbulkan kemerahan pada kulit, rasa gatal, kulit bersisik, serta iritasi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan ruam kulit secara alami.

Mengatasi ruam kulit umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan krim atau lotion yang diresepkan oleh dokter. Namun selain menggunakan obat-obatan, ruam kulit juga bisa diatasi menggunakan bahan-bahan alami.

Lalu bagaimana cara menghilangkan ruam kulit secara alami?

Cara Menghilangkan Ruam Kulit

Dikutip dari Healthline, berikut cara menghilangkan ruam kulit secara alami.

1. Kompres air dingin

Cara menghilangkan ruam kulit yang pertama yaitu dengan mengompres kulit menggunakan air dingin. Mengompres ruam kulit dengan air dingin dapat membantu menghentikan rasa sakit dan gatal yang ditimbulkannya. Kompres air dingin juga dapat menghentikan pembengkakan serta memperlambat perkembangan ruam. Caranya, basahi kain dengan air dingin atau bungkus es batu dengan kain. Kemudian letakkan kain di area ruam kulit.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan ruam kulit yang kedua yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya. Tanaman lidah buaya dipercaya dapat menenangkan kulit akibat luka dan iritasi. Kandungan enzim, asam salisilat, dan sterol dalam lidah buaya dipercaya dapat mengatasi peradangan kulit karena berperan sebagai anti-inflamasi. Cara menggunakannya cukup mudah. Bersihkan terlebih dahulu area yang terkena ruam lalu keringkan. Setelahnya, oleskan lidah buaya pada area ruam tersebut.

3. Minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan ruam kulit. Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Asam lemak rantai sedang dalam minyak kelapa murni dipercaya memiliki sifat antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, serta dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Namun, penggunaan minyak kelapa perlu diuji terlebih dahulu ke area lengan bagian dalam untuk menghindari risiko alergi. Bila dalam 24 jam tak ada reaksi alergi, maka minyak kelapa aman digunakan. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi.

4. Tea tree oil

Cara menghilangkan ruam kulit berikutnya yaitu menggunakan tea tree oil. Tea tree oil merupakan bahan alami yang dapat bekerja melawan infeksi bakteri, virus, jamur, dan protozoa pada kulit. Cara menggunakan tea tree oil yaitu dengan mengencerkannya terlebih dahulu. Setelah diencerkan, campurkan tea tree oil dengan minyak lain seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian oleskan tea tree oil di area yang terkena ruam setelah mandi.

5. Soda kue

Natrium bikarbonat atau soda nyatanya juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan ruam kulit. Sejak dulu, soda kue banyak digunakan untuk mengatasi gatal pada kulit akibat ruam atau gigitan serangga. Susunan kimiawi pada soda kue berperan sebagai penyangga yang menjaga larutan dalam keseimbangan asam-alkali. Karena peran tersebut, soda kue dapat menenangkan kulit dan membuat pH kulit menjadi seimbang.

Soda kue dapat digunakan dengan dua cara. Pertama, masukkan 1 hingga 2 cangkir soda kue ke dalam bak berisi air hangat lalu rendam area kulit yang terkena ruam. Kedua, buatlah pasta menggunakan soda kue dengan dicampur sedikit air lalu oleskan ke area yang terkena ruam.

6. Cuka Apel

Bahan alami yang telah digunakan sejak dulu ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ruam kulit. Cuka apel diketahui memiliki sifat antibakteri. Kandungan reumatoid atau multiple sclerosis pada cuka apel terbukti dapat membantu mengatasi peradangan atau inflamasi. Cara menggunakan cuka apel yaitu dengan mengoleskannya pada kulit. Namun perlu diperhatikan, jangan pernah mengoleskan cuka apel pada kulit yang luka atau pecah-pecah sebab dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

7. Oatmeal

Cara menghilangkan ruam kulit yang terakhir yaitu mandi dengan oatmeal. Oat dipercaya dapat mengobati berbagai macam kondisi kulit mulai dari eksim hingga luka bakar. Kandungan zat anti-inflamasi seperti minyak linoleat, asam oleat, dan avenanthramides pada oat terbukti dapat mengurangi tingkat sitokin yang merupakan penyebab peradangan. Cara menggunakan oat yaitu dengan menaburkannya ke dalam bak berisi air hangat. Lalu rendam area ruam selama 30 menit kemudian bilas sampai bersih.



Simak Video "Tanda-tanda Kamu Harus Setop Pakai Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(Maulida Balqis/vyp)