Sabtu, 08 Jan 2022 21:00 WIB

Nggak Perlu Bete Lagi! Ini 8 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Maulida Balqis - detikHealth
Woman losing hair on hairbrush in hand Ilustrasi cara mengatasi rambut rontok. Foto: iStock
Jakarta -

Memiliki rambut kering memang bikin bete, terlebih bila rambut sedang kelihatan kusut-kusutnya. Untuk mendapatkan rambut yang lembap dan berkilau, diperlukan banyak perawatan khusus yang mirisnya cukup mengocek kantong. Eits, tapi tak perlu khawatir! Berikut ini 8 cara mengatasi rambut kering secara alami, dan tentunya murah.

Rambut kering merupakan tipe rambut yang sulit menyerap atau mempertahankan kelembapan rambut. Rambut yang kering sulit menjaga tekstur dan kecerahannya, sehingga rambut tidak bisa berkilau dan lebih mudah rapuh.

Beberapa faktor yang menyebabkan rambut kering, antara lain kekurangan gizi, sering terpapar matahari, sering mencuci rambut, penggunaan produk perawatan rambut yang keras, serta penggunaan produk dan alat penata rambut.

Lalu bagaimana cara mengatasi rambut kering?

Cara Mengatasi Rambut Kering

Dilansir dari Medical News Today, berikut cara mengatasi rambut kering secara alami.

Minyak hangat

Cara mengatasi rambut kering yang pertama yaitu menggunakan minyak hangat. Minyak zaitun merupakan bahan alami yang paling banyak digunakan untuk mengatasi rambut kering. Selain minyak zaitun, beberapa minyak lain seperti minyak kelapa, almond, jarak, jojoba, jagung, juga bisa digunakan untuk rambut yang kering. Semua minyak ini kaya antioksidan dan vitamin E yang dapat membantu mengunci lapisan rambut luar atau kutikula dengan kelembapan sehingga dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Cara menggunakannya yaitu hangatkan setengah cangkir minyak namun jangan sampai mendidih. Pijat lembut ke rambut selama beberapa menit. Tutupi rambut dengan handuk hangat. Diamkan selama 30-45 menit atau semalaman. Setelahnya, bilas rambut dengan berkeramas. Melakukan perawatan ini dapat memperkuat dan menambah kilau pada rambut.

Masker minyak kelapa

Cara mengatasi rambut kering berikutnya yaitu menggunakan masker minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki efek menenangkan dan melembapkan bila dioleskan ke rambut.

Cara menggunakannya yaitu siapkan masker rambut dengan merebus daun kari dengan minyak kelapa selama 2-3 menit dan biarkan di tempat sejuk selama beberapa hari. Bila masker sudah dingin, gosok secara lembut ke rambut dan kulit kepala dengan ujung jari lalu tutup kepala dengan handuk hangat. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas sampai bersih.

Gelatin

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya yaitu menggunakan gelatin. Gelatin plain merupakan sumber protein yang baik untuk rambut. Gelatin dapat melapisi helai rambut dan melembapkannya sehingga membuat rambut lebih halus dan berkilau.

Cara menggunakan gelatin yaitu campurkan 1 sendok makan gelatin dengan 1 cangkir air hangat. Diamkan selama 5 menit. Tambahkan 1 sendok teh cuka apel dan 6 tetes essential oil seperti melati, lavender, clary sage, atau rosemary ke dalam campuran lalu aduk hingga merata. Oleskan campuran tersebut ke rambut yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Telur dan mayones

Cara mengatasi rambut kering yang keempat yaitu menggunakan telur dan mayones. Telur dan mayones mengandung banyak protein yang dapat membantu melindungi dan memperkuat rambut serta mengembalikan kelembapan rambut yang kering atau rapuh.

Ada tiga cara untuk menggunakan bahan alami ini. Cara pertama, kocok putih telur dengan 2 sendok makan air hangat. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala. Pijat dengan ujung jari dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Bilas rambut dengan air dingin lalu keramas.

Cara kedua, campurkan tiga butir telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala. Tutupi kepala dengan shower cap selama 30 menit. Bilas rambut dengan air dingin lalu keramas.

Cara ketiga, basahi rambut dengan air hangat lalu oleskan dengan lembut lapisan mayones yang tebal. Pijat rambut dan kulit kepala dengan lembut. Lakukan mulai dari helai rambut atas hingga ke ujungnya. Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit sampai 1 jam. Bilas rambut dengan air dingin dan keramas.

Masker yogurt dan minyak

Cara mengatasi rambut kering yang kelima yaitu menggunakan masker yogurt dan minyak. Campuran yogurt dengan minyak efektif untuk mengatasi rambut kering.

Cara menggunakannya yaitu tambahkan setengah cangkir yogurt plain ke dalam 2 sendok makan minyak zaitun dan 6 tetes essential oil lalu aduk dengan rata. Oleskan campuran tersebut ke rambut yang telah dibersihkan sebelumnya. Tutup kepala dengan shower cap dan diamkan semalaman. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

Pasta alpukat

Buah alpukat juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut kering. Kandungan vitamin A dan E, lemak jenuh, serta mineral dalam buah alpukat terbukti dapat membantu menyehatkan rambut yang rusak dan kering. Kandungan tersebut juga bisa membantu melembapkan dan menguatkan rambut.

Cara menggunakan pasta alpukat yaitu haluskan alpukat matang lalu campurkan dengan satu butir telur. Oleskan campuran tersebut ke rambut yang basah selama 20 menit. Kemudian bilas rambut beberapa kali.

Masker pisang

Cara mengatasi rambut kering berikutnya yaitu menggunakan masker pisang. Pisang kaya akan potasium dan memiliki kadar air yang tinggi sehingga cocok untuk merawat rambut kering. Pisang juga dapat membantu mencegah rambut bercabang, melembutkan rambut, serta meningkatkan elastisitas rambut.

Cara menggunakannya yaitu tumbuk satu buah pisang dan oleskan secara merata pada rambut dimulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air hangat.

Hindari keramas setiap hari

Cara mengatasi rambut kering yang terakhir yaitu hindari mencuci rambut setiap hari. Sampo memang dapat menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi sampo juga menghilangkan sebum pada rambut. Sebum merupakan minyak alami yang membuat rambut lebih mudah dirawat dan, bila dalam jumlah yang tepat, dapat membuat rambut berkilau.

Bagi pemilik rambut kering, keramas setiap hari hanya akan membuat rambut semakin kering. Bila tetap ingin keramas, cobalah gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau cobalah gunakan sampo bayi. Keduanya dapat membersihkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami rambut sepenuhnya.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(Maulida Balqis/kna)