Selasa, 11 Jan 2022 06:00 WIB

6 Ciri-ciri Paru-paru Bermasalah, Waspadai Penyakit Kronis!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Male and female doctor looking at lungs x-ray in hospital during covid19 pandemic Ciri-ciri paru-paru bermasalah (Foto: Getty Images/bojanstory)
Jakarta -

Mengenal ciri-ciri paru-paru bermasalah wajib diketahui sejak dini. Mengingat paru-paru adalah salah satu organ respirasi vital yang memiliki fungsi penting di dalam tubuh kita. Dimana salah satu fungsinya untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari dalam tubuh.

Jika fungsi paru-paru di dalam tubuh terganggu dan bermasalah, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan, orang yang mengalaminya akan merasa beberapa keluhan yang serius ataupun kronis. Lantas apa penyebab paru-paru bermasalah?

Dikutip dari National Institute of Environmental Health Sciences, penyakit paru-paru disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur yang dapat mengganggu pernapasan.

Sejumlah penyakit paru-paru pun bisa terjadi, seperti asma, mesothelioma, kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), emfisema, bronkitis kronis dan akut, serta penyakit paru-paru lainnya.

Itu mengapa kita wajib sekali mengetahui ciri-ciri paru-paru bermasalah sejak dini agar bisa mengetahui apakah organ paru-paru bermasalah atau tidak.

Ciri-ciri Paru-Paru Bermasalah

Nah, apa saja sih ciri-ciri paru-paru bermasalah yang perlu kita waspadai sejak dini? Dikutip dari American Lung Association, berikut informasinya:

1. Batuk kronis

Ciri-ciri paru-paru bermasalah bisa ditandai dengan batuk kronis atau batuk yang muncul secara terus-menerus. Ditambah lagi dengan batuk yang disertai lendir, darah, atau demam, perlu diwaspadai. Sebab, bisa jadi ada yang salah pada organ paru-paru atau sistem pernapasan.

2. Sesak napas

Terkadang sesak napas bisa terjadi pada seseorang yang melakukan aktivitas fisik berat. Kondisi ini umumnya bisa hilang setelah beberapa saat.

Namun, jika sesak napas yang dialami tak kunjung hilang atau terjadi saat tidak melakukan apapun, bisa jadi ini adalah ciri-ciri paru-paru bermasalah.

3. Produksi lendir kronis

Lendir yang diproduksi oleh saluran udara berfungsi sebagai pertahanan terhadap infeksi atau iritasi yang terjadi di saluran pernapasan.

Namun, jika produksi lendir yang berlebihan telah berlangsung selama sebulan atau lebih, waspada ciri-ciri paru-paru bermasalah.

4. Mengi

Mengi adalah salah satu ciri-ciri paru-paru bermasalah ketika ada sesuatu yang tak biasa atau menghalangi saluran udara di paru-paru.

Mengi bisa diketahui dari bunyi suara bernada tinggi yang terdengar saat bernapas.

5. Batuk berdarah

Batuk yang disertai darah bisa jadi menandakan adanya masalah dari paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas. Dari manapun asalnya, batuk darah menandakan adanya masalah pada kesehatan tubuh.

6. Nyeri dada kronis

Selain batuk, nyeri dada kronis bisa juga sebagai salah satu ciri-ciri paru-paru bermasalah. Rasa sakit yang dirasa di dada selama satu bulan atau lebih, bahkan semakin memburuk pertanda ada masalah pada organ paru-paru.

Bila mengalami ciri-ciri paru-paru bermasalah di atas, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan pernah mengabaikan ciri-ciri di atas ini ya guys karena bisa berakibat fatal seperti kematian.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)