Selasa, 11 Jan 2022 13:34 WIB

Resmi! Vaksin Booster Dimulai Besok, Jokowi Pastikan Gratis

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Presiden Jokowi Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan vaksinasi booster COVID-19 bakal dimulai Rabu (12/1/2022). Adapun warga yang diprioritaskan menerima vaksin booster adalah lansia dan kelompok rentan yang sudah divaksinasi lengkap lebih dari enam bulan.

"Pada tanggal 12 Januari pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas lansia dan kelompok rentan," beber Jokowi dalam konferensi pers Selasa (11/1/2022).

"Hal ini penting untuk meningkatkan kekebalan masyarakat, mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi. Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin COVID-19 ketiga ini gratis untuk masyarakat Indonesia, karena sekali lagi keselamatan rakyat adalah yang utama," jelasnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelumnya sudah menyetujui vaksinasi booster dengan lima jenis vaksin COVID-19. Lima jenis vaksin COVID-19 tersebut adalah:

  • Sinovac
  • Moderna
  • AstraZeneca
  • Zifivax
  • Pfizer.

Jenis vaksin COVID-19 Moderna dapat diberikan secara heterolog atau berbeda dengan vaksin primer pada penerima vaksin Pfizer, AstraZeneca, dan Johnson and Johnson. Demikian juga vaksin Zifivax juga bisa menjadi booster heterolog untuk penerima vaksin primer Sinovac dan Sinopharm. Sementara penerima vaksin primer Sinovac bisa diberikan sebagai booster homolog untuk penerima vaksin primer Sinovac.

Panduan vaksin booster dari BPOMPanduan vaksin booster dari BPOM Foto: infografis detikHealth


Simak Video "Jokowi: Stok Vaksin Covid-19 Pemerintah untuk Booster Lebih dari Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)