Selasa, 11 Jan 2022 16:11 WIB

10 Penyebab Perut Mulas dan Kram saat Hamil Muda, Bumil Wajib Tahu

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Woman sitting in the toilet Penyebab perut mulas saat hamil muda. (Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta -

Perut kram saat hamil muda merupakan salah satu keluhan yang dialami oleh banyak bumil alias ibu hamil saat trimester pertama. Kondisi ini merupakan hal normal lantaran adanya perubahan hormon saat kehamilan maupun bayi yang sedang tumbuh dan menekan perut.

Tak perlu dikhawatirkan jika kram perut yang dirasakan tergolong ringan, seperti celekit-celekit atau nyeri haid ringan. Kondisi ini nantinya akan hilang sendirinya dengan cara beristirahat yang cukup.

Namun, ibu hamil juga perlu diwaspadai jika kram perut yang dirasakan sangat sakit dan tak kunjung hilang. Apalagi jika disertai dengan muntah, panas, pendarahan, atau keputihan di vagina. Bisa jadi pertanda ada kelainan pada kehamilan dan juga berisiko keguguran.

Penyebab Perut Kram saat Hamil Muda

Jadi, apa sih yang menyebabkan perut kram saat hamil muda? Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (11/01/2021), berikut informasi yang telah detikcom rangkum. Jangan lupa catat ya.

1. Hormon

Perut kram saat hamil muda bisa diakibatkan oleh kurangnya hormon progesteron. Perlu diingat kalau hormon ini sangat berfungsi untuk menenangkan rahim. Jika ibu hamil terus-menerus kekurangan hormon progesteron, hati-hati bisa menyebabkan keguguran.

2. Stres

Beberapa ibu hamil rentan sekali terkena stres pada trimester pertama. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya pekerjaan atau situasi di dalam rumah.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak stres yang berlebih karena dapat memicu perut kram hingga berakibat fatal seperti keguguran.

3. Orgasme

Orgasme bisa menjadi salah satu penyebab perut kram saat hamil muda loh. Sebab, pada saat wanita mencapai orgasme, ia akan mengalami kejang rahim dan memicu sakit perut atau kram.

Selain itu, berhubungan intim saat kehamilan juga bisa menyebabkan perut kram. Sejumlah ahli menyarankan untuk mengurangi intensitas berhubungan intim.

4. Infeksi saluran kemih

Sejumlah ibu hamil yang mengalami perut kram saat hamil muda bisa disebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Menurut dr Karno yang dikutip dari HaiBunda, rasa sakit yang dirasakan berbeda dari kram haid.

Umumnya, bumil yang mengalami infeksi saluran kemih akan merasakan sakit jika perutnya ditekan dan saat buang air kecil. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk beristirahat yang cukup, mengonsumsi air putih, atau meminta obat penguat yang diresepkan oleh anjuran dokter.

5. Perut berisi gas

Perut kram saat hamil muda bisa juga diakibatkan oleh gas yang menumpuk di perut. Kondisi ini biasanya dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan kembung.

Munculnya gas ini umumnya disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron yang mengakibatkan proses saluran pencernaan semakin lambat.

Jika sudah seperti ini, ibu hamil disarankan untuk makan makanan yang banyak nutrisi dan serat, serta minum air putih yang cukup.

6. Aliran darah ke rahim

Selama kehamilan, tubuh akan mengirimkan lebih banyak darah ke rahim wanita. Kondisi ini bisa menyebabkan perut kram dan mulas lantaran adanya penekanan di daerah tersebut.

Untuk itu, ibu hamil disarankan beristirahat atau berendam di air hangat untuk membantu meredakan perut kram saat hamil muda.

7. Ligamen

Perut kram saat hamil muda bisa disebabkan oleh ligamen yang meregang untuk menopang bump atau perut yang membesar. Biasanya kondisi ini dapat menyebabkan kram pada bagian perut bawah.

8. Sembelit

Dikutip dari Mayo Clinic, sembelit adalah kondisi seseorang yang jarang atau sulit untuk buang air besar. Biasanya, kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa hari bahkan minggu.

Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan yang membuat otot-otot usus menjadi kendur dan menekan rahim. Itu mengapa banyak ibu hamil yang merasa perut kram saat hamil muda.

9. Kehamilan ektopik

Penyebab perut kram saat hamil muda berikutnya bisa disebabkan oleh kehamilan ektopik. Sebagaimana diketahui, kehamilan ektopik adalah kondisi dimana sel telur yang dibuahi tertanam di luar rahim seperti tuba falopi.

Kehamilan seperti ini biasanya tidak dapat bertahan lama dan perlu dioperasi atau meminum obat-obat tertentu.

10. Keguguran

Hati-hati wahai ibu hamil, perut kram saat hamil muda bisa jadi pertanda keguguran. Apalagi jika disertai dengan pendarahan hebat pada usia kehamilan di bawah 24 minggu. Kondisi ini sebaiknya patut diwaspadai dan segera berkonsul ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Penyebab kram perut saat hamil muda tidak boleh kita abaikan ya. Meskipun terbilang normal dalam kehamilan, namun penting juga kita mengetahui apa penyebab dari perut kram tersebut.

Bumil bisa juga melakukan olahraga ringan, istirahat yang cukup, ataupun makan makanan serat dan kaya nutrisi untuk mengurangi perut kram. Namun, jika dirasa perut kram terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)