Rabu, 12 Jan 2022 10:17 WIB

Cerita Lansia Penerima Sinovac dapat Booster Pfizer, Ada Efek Samping?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksin booster di Puskesmas Kramat Jati Jaktim Booster vaksin COVID-19 di Puskesmas Kramat Jati. (Foto: Firdaus/detikHealth)
Jakarta -

Vaksinasi booster atau dosis lanjutan vaksin COVID-19 sudah dimulai, Rabu (12/1/2022). Salah satunya, di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan detikcom hingga pukul 09.30 WIB, lokasi vaksinasi tersebut diramaikan penerima vaksin COVID-19. Di antaranya, lansia-lansia yang akan atau sudah menerima dosis ketiga alias booster vaksin COVID-19.

Salah satunya, Kartini (73) asal Jakarta Timur. Ia mengaku, mendapat informasi vaksinasi booster dari seorang temannya yang adalah dokter di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.

Ia sebelumnya mendapat dosis 1 vaksin COVID-19 pada 15 Maret 2021 dan dosis 2 pada 12 April 2021 menggunakan Sinovac. Hari ini, ia mendapat suntikan booster menggunakan vaksin COVID-19 Pfizer.

Ia sudah lama menanti kesempatan disuntik booster vaksin COVID-19. Menurutnya, lansia dan kelompok rentan memang memerlukan suntikan dosis lanjutan vaksin COVID-19.

"Karena kita kan termasuk lansia, sudah seharusnya divaksin booster biar sehat, kuat," ujarnya pada detikcom saat ditemui di lokasi, Rabu (12/1/2022).


Pendapat serupa disampaikan oleh Dalinah (72). Ia menerima vaksin COVID-19 dosis 1 pada 27 Maret 2021 dan dosis dan dosis 2 pada 26 April 2021 menggunakan Sinovac. Hari ini, ia menerima suntikan booster vaksin COVID-19 menggunakan Pfizer."(Harapannya) semoga badai COVID-19 cepat berlalu," sambungnya.

"Kayaknya nggak ada rasa apa-apa. Cuma tadi 'nyet' (sewaktu disuntik), sekarang nggak ada apa-apa. Mudah-mudahan nggak ada apa-apa," ujarnya pada detikcom di lokasi vaksinasi booster, Rabu (12/1/2022).

"Semoga semua kebagian vaksin, cepat sehat, situasi cepat normal lagi seperti dulu-dulu. Bisa jalan-jalan lagi," sambung Dalinah.

Sama seperti Kartini, Dalinah sudah lama menunggu kesempatan disuntik booster vaksin COVID-19. Kini kesempatan telah dibuka, ia sengaja cepat-cepat mendapatkan suntikan booster.

"Ada kesempatan (booster vaksin COVID-19), jadi cepat-cepat deh," kata Dalinah.

Lainnya, lansia berusia 71 tahun, Siwi, ikut mengisahkan pengalamannya disuntik booster vaksin COVID-19. Hari ini, ia menerima booster vaksin COVID-19 menggunakan Pfizer. Sebelumnya, ia menerima Sinovac pada vaksinasi dosis 1-2.

"Dapat dosis satunya sudah tahun lalu, Maret. (Sekarang booster vaksin COVID-19) diumumin, langsung dapet," kata Siwi pada detikcom.

"(Harapannya) biar cepat sehat semua," pungkasnya.



Simak Video "Tak Punya Tiket di PeduliLindungi tapi Mau Vaksin Booster, Ini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)