Rabu, 12 Jan 2022 11:02 WIB

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Vaksin Booster COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mulai hari ini, pemerintah memberikan vaksin booster COVID-19 untuk masyarakat. Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menerima vaksin booster COVID-19.

Vaksin booster merupakan suntikan vaksin dosis ketiga yang diberikan untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus Corona penyebab COVID-19.

Syarat penerima vaksin booster adalah mereka berusia 18 tahun ke atas, tinggal di kabupaten/kota yang telah mencapai vaksinasi dosis kedua 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan. Pemberian vaksin booster pun diprioritaskan untuk lansia dan orang yang memiliki penyakit penyerta.

Dikutip dari laman Time Of India, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum vaksinasi COVID-19.

1. Jangan minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Pasalnya, alkohol dapat mengganggu kerja imun sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh.

2. Jangan stres

Stres sangat berpengaruh lho pada kerja imun. Terlebih, stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.

3. Makan makanan sehat

Vaksin tidak bekerja secara instan. Maka itu, mengkonsumsi makanan bergizi dapat memengaruhi potensi efektivitas kerja vaksin pada tubuh. Usahakan untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral sebelum menerima suntik vaksin.

4. Tidur cukup

Tidur cukup selama 7 hingga 8 jam disebut mampu meningkatkan kerja sistem imun. Bahkan menurut studi dari International Journal of Behavioral Medicine, pada orang-orang dengan jam tidur kurang dari 5 hingga 6 jam sehari, efektivitas vaksin menurun hingga 50 persen.

5. Berolahraga atau beraktivitas fisik

Olahraga disebut menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan kerja sistem imun. Maka itu, tak ada salahnya berolahraga beberapa waktu sebelum menerima suntik vaksin. Atau lebih baik, olahraga bisa dijadikan bagian dari gaya hidup untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)