Rabu, 12 Jan 2022 17:05 WIB

Ciri-ciri Kecanduan Ganja, Narkoba yang Menjerat Artis Ardhito Pramono

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Ardhito Pramono Foto: Hanif/detikhot
Jakarta -

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan pihaknya telah menangkap aktor film layar lebar sekaligus musisi Ardhito Pramono terkait kasus narkoba. Sedangkan jenis narkoba yang dipermasalahkan ialah ganja.

"Jenis narkoba ganja," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Danang Setiyo.

Penggunaan ganja dapat menyebabkan disorientasi. Terkadang berdampak pada gangguan pikiran, kecemasan, paranoid, dan gangguan mental jangka panjang seperti skizofrenia.

Terkadang pula, pengguna ganja merasakan dampak seperti gangguan dalam kemampuan memperhatikan, mengingat dan belajar. Lalu bagaimana mengenali orang yang sudah kecanduan ganja? Berikut ulasannya.

Ciri-ciri kecanduan ganja

Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), terdapat beberapa tanda seseorang mungkin kecanduan ganja seperti:

  • Sudah mencoba, namun kerap gagal untuk berhenti menggunakan ganja
  • Meninggalkan kegiatan penting dengan teman atau keluarga demi bisa menggunakan ganja
  • Tetap menggunakan ganja meski menimbulkan sederet masalah di rumah, sekolah maupun di tempat kerja

dr Hari Nugroho dari pusat rehabilitas UPT dan Rehabilitas BNN mengungkapkan seseorang yang terus mengonsumsi ganja atau obat terlarang lainnya dapat merasakan gejala putus zat seperti gangguan tidur, cemas, dan penurunan nafsu makan.

"Gangguan tidur, cemas, dan penurunan nafsu makan serta berbagai ketidaknyamanan secara fisik, merupakan salah satu tanda dari putusnya zat obat-obatan terlarang," tutur dr Hari Nugroho kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, dr Hari juga menyebutkan kecanduan ganja bisa menyebabkan mood swing atau perubahan perilaku. Pengguna juga akan lebih sensitif dan terkadang ada perubahan hubungan dengan teman serta keluarga.

"Sering tertawa sendiri, jalan sempoyongan, mata tampak merah, dan memiliki gangguan dalam mengingat merupakan salah satu gejala orang sehabis mengkonsumsi ganja," tutupnya.



Simak Video "Top 5: Ayu Thalia Tersangka, Anak SD Disuntik Vaksin Covid-19 Kosong"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)