Kamis, 13 Jan 2022 15:30 WIB

Mohon Bersabar! Vaksin Booster COVID-19 Buat 18+ Awal Februari, Ini Syaratnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Hari ini vaksin booster COVID-19 mulai diberikan untuk masyarakat umum. Puskesmas di Kelapa Gading pun ramai didatangi warga yang hendak divaksin booster. Vaksin booster COVID-19. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan vaksinasi booster yang baru dimulai 12 Januari 2021 diprioritaskan bagi lansia dan kelompok rentan. Sementara masyarakat umum di atas 18 tahun yang sudah menerima vaksinasi lengkap atau primer lebih dari 6 bulan, baru bisa mendapatkan vaksin COVID-19 booster awal Februari mendatang.

Seperti diketahui, jadwal dan lokasi vaksinasi booster COVID-19 bisa didapat di aplikasi PeduliLindungi. Namun, bagi masyarakat yang belum mendapat tiket vaksin COVID-19 booster di PeduliLindungi, bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk registrasi.

"Yang tidak ada datanya di PeduliLindungi ini bukan berarti kita harus menunggu untuk kemudian kita bisa mendapatkan akses vaksinasi," beber dr Nadia dalam webinar daring 'Vaksin Booster Hadir, COVID-19 Minggir' Kamis (13/1/2022).

"Kita cukup datang ke fasilitas kesehatan terdekat dan terus mendaftarkan diri, pasti nanti akan diberikan kalau jadwalnya hari itu masih bisa, pasti akan dilakukan vaksinasi," sambung dia.

"Atau kemudian diminta datang esok harinya," kata dr Nadia.

Menurut dr Nadia, penerima vaksin booster di awal pelaksanaan adalah kelompok orang yang divaksin primer Sinovac dan AstraZeneca. Karenanya, kombinasi vaksinasi booster fokus pada penerima Sinovac dan AstraZeneca.

"Artinya nanti sama juga untuk masyarakat umum di atas 18 tahun yang nanti kitia akan mulai di awal februari ya silahkan datang langsung ke fasilitas kesehatan," jelas dr Nadia.

"Apakah itu puskesmas, RS pemerintah, atau RS swasta," pungkas dia.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)