ADVERTISEMENT

Jumat, 14 Jan 2022 05:13 WIB

Mengenal Saraf Kejepit yang Dialami Hanung Bramantyo

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Hanung Bramantyo saat ditemui di MD Palace. Hanung Bramantyo (Foto: Monica Arum/detikcom)
Jakarta -

Sutradara sekaligus produser film ternama Hanung Bramantyo dikabarkan tengah menjalani operasi untuk menyembuhkan penyakit saraf kejepit yang dialaminya.

Hal tersebut dikabarkan langsung oleh sang istri, Zaskia Adya Mecca melalui Instagram Stories-nya beberapa waktu lalu. Zaskia mengatakan kalau sang suami akan menjalani operasi pada Rabu (12/1/2022).

"Persiapan operasi saraf kejepitnya @hanungbramanty besok jam 9 pagi. Bismillah semoga lancar, mohon doanyaaa!!!" tulis Zaskia beberapa waktu lalu pada akun Instagram-nya @zaskiadyamecca.

Pilihan untuk melakukan operasi ternyata tidak mudah bagi Hanung. Namun, akhirnya ia memberanikan serta memantapkan hati untuk menjalankan operasi.

Dalam postingan terbarunya, Rabu (12/1/2022), Zaskia mengatakan bahwa proses operasi sang suami sudah selesai pada pukul 10 pagi. Ia juga mengungkapkan kalau suaminya boleh pulang ke rumah setelah 6 jam operasi dengan catatan efek bius hilang tanpa reaksi lainnya seperti mual dan pusing.

Sebelumnya, Hanung telah diberikan berbagai macam rekomendasi untuk mengobati penyakitnya ini selain melakukan operasi. Salah satunya adalah dengan cara meminum obat seumur hidupnya. Namun, ia memutuskan untuk mengambil tindakan operasi.

Lantas, apa itu saraf kejepit?

Dikutip dari WebMD, saraf kejepit menggambarkan satu jenis kerusakan atau cedera pada saraf atau kumpulan saraf. Saraf terjepit terjadi ketika ada tekanan pada saraf.

Tekanan ini bisa terjadi karena adanya gerakan berulang. Selain itu, bisa jadi karena menahan tubuh dalam satu posisi dalam waktu yang lama. Misalnya seperti menekuk siku saat tidur.

Tekanan saraf ini sendiri paling sering terjadi di antara jaringan seperti ligamen, tendon, dan tulang. Misalnya saja peradangan atau tekanan pada akar saraf yang keluar dari tulang belakang bisa menyebabkan nyeri pada punggung bawah atau leher. Hal ini juga menyebabkan rasa sakitnya menyebar ke bahu dan lengan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Hanung Bramantyo Gelontorkan Rp 200 Juta untuk Operasi Saraf Kejepit "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT