Jumat, 14 Jan 2022 12:53 WIB

Komedian Fico Fachriza Ditangkap karena Tembakau Gorilla, Narkoba Apa Itu?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Fico Fachriza Mengenal tembakau Gorilla terkait kasus Fico Fachriza. (Foto: Instagram Fico Fachriza)
Jakarta -

Setelah Ardhito Parmono, kini heboh komedian atau komika Fico Fachriza juga tersandung kasus narkoba. Ia terjerat kasus penyalahgunaan narkotika jenis sintentis atau tembakau Gorilla.

Kabar Fico Fachriza terkait tembakau Gorilla dikonfirmasi Polda Metro Jaya. Namun belum diketahui berapa banyak tembakau Gorilla yang diamankan polisi dari penangkapan komedian Fico.

"Iya benar (terkait narkoba sintetis atau tembakau Gorilla)," kata Wadir Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander, Jumat (14/1), dikutip dari CNNIndonesia.

Mengenal Tembakau Gorilla

dr Hari Nugroho dari pusat rehabilitasi UPT dan Rehabilitasi BNN beberapa waktu lalu menjelaskan tembakau Gorilla termasuk kategori sintetis. Umumnya, isi tembakau Gorilla ialah AB CHMINACA, tetapi sering kali tidak hanya satu jenis saja.

Isi tembakau Gorilla bisa dua atau hingga tiga jenis tambahan. Disebut dr Hari, efek narkotika jenis sintetis ini lebih kuat ketimbang yang lain.

"Kenapa synthetic cannabinoid lebih kuat efeknya daripada ganja alami? Karena ganja sintetis ini lebih poten, dia berikatan dengan endocannabinoid alami di otak lebih kuat, sehingga efeknya bisa lebih kuat 10 sampai ratusan kali," jelas dr Hari.

"Dia akan berikatan khususnya dengan reseptor CB1 di dalam otak. Meskipun ada juga yang punya efek kedua reseptor CB1 dan CB2," lanjutnya.

Dikutip dari laman resmi BNN, bentuk tembakau Gorilla seperti tembakau pada umumnya. Efeknya bisa berbahaya, selain membuat seseorang tertawa atau halusinasi, pengguna bisa merasa kaku dan tidak bergerak ketika dua kali menghisap tembakau Gorilla.



Simak Video "Penjelasan Dokter soal Coki Pardede Nyabu Lewat Anal Berisiko HIV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)