Senin, 17 Jan 2022 12:00 WIB

Veronica Tan Tawarkan Layanan PCR yang Bisa Deteksi Varian Omicron

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19 Varian Omicron. (Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography)
Jakarta -

Veronica Tan menawarkan layanan tes PCR yang disebut bisa mendeteksi varian Omicron. Di akun Instagram pribadinya, Vero menyampaikan poster PCR O+ di kantor LoveCare di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Disebutkan bahwa layanan tes PCR O+ ini bisa mendeteksi varian probable Omicron dan non Omicron. Tesnya pun disebut telah mendapatkan registrasi dari Kemenkes.

"Menggunakan kit IVD yang sudah teregistrasi di Kemenkes," tulis poster tersebut.

[Gambas:Instagram]



Juru bicara vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, menyebut tes tersebut kemungkinan besar menggunakan SGTF. Metode tes PCR-SGTF ini memang lebih cepat mendeteksi varian Omicron.

"Sepertinya iya (SGTF)," katanya kepada detikcom, Senin (17/1/2022).

Sejauh ini, hanya Whole Genome Sequencing (WGS) yang bisa secara tepat mendeteksi apakah seseorang terinfeksi varian Corona tertentu. Namun tes SGTF bisa memprediksi sehingga hasilnya akan probable atau negatif dengan mengidentifikasi 'S' Gene Target Failure (SGTF) yang dimiliki varian Omicron.

Tes PCR dengan SGTF ini dapat mendeteksi kekhasan varian Omicron yang tidak memiliki elemen 'S-gene'. Ketika hasil tes PCR menunjukkan positif dan tidak memiliki elemen tersebut, maka kasus ini dikategorikan sebagai probable dengan kemungkinan besar merupakan varian Omicron.

Simak juga 'Arahan Jokowi soal DKI Jakarta Jadi Medan Perang Pertama Lawan Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)