Selasa, 18 Jan 2022 14:25 WIB

Viral di TikTok, Awas Ini Bahaya Cocol Bakso Langsung ke Mangkuk Sambal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral cocol sambal langsung ke mangkuk Video cocol baksol langsung ke mangkuk sambal bikin jijik. (Foto: Tangkapan layar viral)
Jakarta -

Viral video yang memperlihatkan aksi seorang perempuan yang mencocol bakso langsung ke mangkuk sambalnya. Tak ayal, aksinya ini sontak dikutuk warganet.

Dalam video yang pertama kali diunggah di TikTok, perempuan berjilbab hitam itu dengan santainya mencocol baksonya dengan garpu ke dalam mangkul sambal. Terlihat bakso yang dimasukkan ke mangkuk sambal bakso sudah tidak berbentuk utuh lagi.

Video ini lantas dibanjiri komentar oleh warganet yang merasa jijik. Salah satunya oleh dokter influencer yang juga spesialis anak dr Kurniawan Satria Denta, MSc, SpA.



Kepada detikcom, dokter yang akrab disapa Dokden ini mengatakan aksi tersebut bukan tak mungkin meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi sebab makanannya sudah tercampur baur dengan banyak bakteri.

"Itu akan meningkatkan risiko kita terkena penyakit-penyakit infeksi melalui oral atau mulut, infeksi yang bisa ditularkan lewat makanan. Misalnya demam tifoid, hepatitis A, dan banyak lagi," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (18/1/2022).

Banyak yang mengira demam tifoid itu disebabkan karena kelelahan. Padahal, penyebab penyakit itu adalah kontaminasi bakteri Salmonella typhi yang ditemukan di air liur atau makanan yang terkontaminasi.

"Apakah langsung terinfeksi? Belum tentu juga. Hal tersebut meningkatkan tapi kita pasti nggak mau dong sakit," tuturnya.

Makan di luar kadang tak bisa dihindari. Oleh karena itu dr Denta mengingatkan agar semua orang tetap harus memperhatikan kebersihan warung makan yang akan dikunjungi.

Kalau ragu akan kebersihan warung makan yang akan didatangi, lebih baik mencari tempat lainnya. Perilaku makan yang bersih dan sehat menjadi kunci utama agar tidak terkena penyakit.

"Atau untuk mengurangi, kita bawa alat makan sendiri. Itu lumayan mengurangi risiko," pungkasnya.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)