Selasa, 18 Jan 2022 19:00 WIB

Suka Cocol Bakso Langsung ke Mangkuk Sambal? Awas Tipes, Ini Pesan Dokter

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pedasnya Bakso Tumpeng dan Kawah Merapi dengan Siraman Sambal Ilustrasi bakso dan sambal (Foto: Sri Hartono/dok.detikcom)
Jakarta -

Baru-baru ini viral video yang memperlihatkan seorang perempuan yang mencocol bakso ke mangkuk sambal secara langsung. Aksinya itu langsung disambut kritikan warganet karena dianggap jorok dan merugikan pelanggan bakso lainnya karena harus memakan sambal bekas cocolan orang lain.

Dokter influencer yang juga spesialis anak dr Kurniawan Satria Denta, MSc, SpA mengatakan bukan tidak mungkin hal tersebut memicu timbulnya penyakit, salah satunya tifus.

"Inilah alasan saya rutin vaksin tifoid setiap tiga tahun sekali dan tak lupa melengkapi vaksin hepatitis A dua kali dicubles," tulis dr Denta dalam akun Twitter pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Selasa (18/1/2022).

Berbicara lebih lanjut tentang risiko tersebut, dr Denta mengatakan ada banyak infeksi yang bisa ditularkan lewat makanan akibat kontaminasi, mulai dari hepatitis A sampai demam tifoid atau tipes.

Demam tifoid atau lebih akrab dikenal sebagai tipes adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi. Penyebabnya adalah bakteri Salmonella typhi.

Jika sering jajan sembarangan dan daya tahan tubuh sedang menurun, bukan tidak mungkin bakteri penyebab tipes akan masuk ke tubuh.

Oleh karena itu, dr Denta mengingatkan perilaku makan harus bersih dan sehat. Pilih-pilih tempat jajan di luar yang tempat dan pelayanannya bersih.

"Kalau di warung atau kedai kan kita bisa lihat dari luar kira-kira cara penyajian makannya bersih atau tidak. Atau untuk mengurangi, kita bawa alat makan sendiri. Itu lumayan mengurangi risiko," pungkasnya.



Simak Video "KuTips: Jurus Menghindari Hepatitis Misterius Saat PTM"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)