Rabu, 19 Jan 2022 05:00 WIB

Serba-serbi Pembekuan Sel Telur Seperti Dijalani Luna Maya

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Jakarta -

Luna Maya baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pembekuan sel telur atau egg freezing. Bahkan sejak empat tahun lalu sudah terpikirkan untuk melakukan prosedur tersebut.

Pembekuan sel telur atau dikenal dengan istilah oocyte cryopreservation adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan kemampuan wanita untuk hamil di kemudian hari.

Pembekuan sel telur mungkin bisa menjadi pilihan jika Anda belum siap untuk hamil sekarang tetapi ingin mencoba memastikan Anda bisa hamil di masa mendatang. Namun, sebelum memutuskan untuk menempuh prosedur ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak informasinya berikut.

Anda dapat melakukan prosedur pembekuan sel telur apabila:

Memiliki kondisi yang dapat mempengaruhi kesuburan

Ini mungkin termasuk anemia sel sabit, penyakit autoimun seperti lupus, dan keragaman gender, seperti menjadi transgender.

Akibat pengobatan kanker atau penyakit lain yang dapat mempengaruhi kemampuan untuk hamil

Perawatan medis tertentu seperti radiasi atau kemoterapi dapat membahayakan kesuburan Anda. Pembekuan sel telur sebelum perawatan akan memungkinkan Anda untuk memiliki anak biologis kemudian hari.

Menjalani program bayi tabung

Saat menjalani program bayi tabung atau fertilisasi in vitro, beberapa orang lebih memilih pembekuan sel telur daripada pembekuan embrio karena alasan agama atau etika.

Ingin mengawetkan sel telur yang lebih muda untuk digunakan di masa mendatang

Membekukan sel telur di usia yang lebih muda dapat membantu Anda hamil saat Anda siap di masa mendatang.

Di sisi lain, pembekuan sel telur juga membawa berbagai risiko. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2