ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Jan 2022 20:30 WIB

Round Up

Viral Video Belatung di Vagina Bikin Syok dan Takut, Ini Tips Mengatasinya

Hartaty Varadifa - detikHealth
Maggots for sport fisherman. Tips mengatasi syok pasca melihat video viral belatung di vagina. Foto: Istimewa
Jakarta -

Viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan sejumlah belatung di bagian organ intim wanita. Hal ini banyak mengejutkan netizen yang merasa jijik dengan video tersebut.

Video yang sempat beredar di Twitter ini, menunjukan sepasang wanita dan pria sedang melakukan hubungan intim. Tampak pada video tersebut ada gerombolan belatung di area dalam vagina wanita.

Netizen pun penasaran apakah belatung tersebut sengaja dimasukkan atau memang mengalami kondisi tertentu.

"Yang aku heran tuh belatung datang dari mana?? Apa sengaja di masukin apa gimana??" komentar satu pengguna Twitter.

Kata Dokter

dr Wisnu Setyawan, SpOG(K), dari Morula IVF Tangerang berkomentar bahwa hal ini bisa saja rekayasa. Sebab, pada kasus medis, biasanya belatung hanya ada pada jaringan yang sudah mati.

"Belatung biasanya pada jaringan yang sudah infeksi, sudah mati. Kalau inikan masih segar, masih sehat gitu orangnya. Kemungkinan buatan," jelas dr Wisnu secara terpisah.

dr Wisnu memaparkan kemungkinan kasus hewan pada vagina memang bisa saja terjadi, namun ini disebabkan oleh cacing kremi. Cacing kremi merupakan sejenis parasit yang berbeda dari belatung.

Cacing kremi merupakan parasit yang bisa berkembang di saluran pencernaan manusia dan akan keluar lewat anus saat dewasa. Pada proses keluar ini kadang cacing dapat berpindah dari anus masuk ke vagina.

Pakar seks dr Boyke Dian Nugraga, SpOG, MARS bahkan menyebutkan video viral ini bisa saja sengaja dibuat. Penyakit menular seksual pun tidak ada yang sampai memicu kemunculan belatung di organ intim.

"Kencing nanah ataupun sifilis tidak seperti itu. Tidak ada belatungnya kelihatan," ungkap dr Boyke pada detikcom, Sabtu (15/1/2022).

"Jadi kalau bisa ada belatung sampai nempel-nempel itu boong banget. Benar-benar hanya ingin membikin syok saja," pungkasnya.

Cara Hadapi Syok

Banyak warganet yang merasa syok hingga takut karena jijik melihat gerombolan belatung pada vagina. Lalu bagaimana mengatasi perasaan itu jika sudah terlanjur menonton video tersebut?

Psikolog Klinis dan Co-Founder Ohana Space, Veronica Adesla, mengatakan tidak perlu takut karena dokter juga sudah menjelaskan bahwa hampir mustahil jika belatung masuk atau berkembang di vagina.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghilangkan rasa takut adalah mengingat penjelasan ilmiah dari dokter bahwa temuan belatung dalam vagina tersebut adalah akal-akalan semata. Dengan begitu, warganet bisa mengingat bahwa gambaran menyeramkan tersebut tidak akan ditemui di kehidupan.

"Yuk mikir bareng bersama bahwa berarti itu dibuat-buat, tidak ada kejelasan ilmiah. Kalau tidak ada kejelasan ilmiah, kemungkinan untuk terjadi hal seperti itu kan tidak ada. Seperti halnya menonton film, itu kan dibuat. Jadi kalau fiksi berhubungan dengan horor hantu, itu kan sengaja dibuat rekayasa," jelasnya pada detikcom, Sabtu (15/1).

Cara lainnya cobalah untuk mendistraksi pikiran terkait video tersebut dengan menonton tontonan lain yang lebih menyenangkan. Dengan begitu, warganet diharapkan bisa mengalihkan perasaan takut.

"Kedua, jangan dibayangin terus. Biasanya kita bisa mengalihkan pikiran kita agar tidak terobsesi sesuatu yang menyeramkan dengan cara apa? Alihkan dengan menyimak tayangan lain yang lebih menyenangkan bisa menetralisir, ujar Vero lebih lanjut.

"Fokuskan pikiran kita pada hal yang lebih sehat dibandingkan terfokus pada hal yang membuat kita justru semakin nggak sehat. Dalam arti semakin cemas, geli, dan takut," pungkasnya.

tonton juga: Kisah Pedagang Asongan Difabel, Berkilau di Lintasan Renang

[Gambas:Video 20detik]



(Hartaty Varadifa/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT