Rabu, 19 Jan 2022 10:31 WIB

Harry Pantja 'Dunia Lain' 3 Kali Stroke, Kenali Lagi Faktor Risikonya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hari Pantja Harry Pantja kena stroke. (Foto: Trans TV)
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari pembawa acara misteri Dunia Lain. Lama tak terdengar kabarnya, ternyata Harry Pantja tengah menjalani terapi berjalan karena mengalami stroke.

Imelda Laksmi, istri Harry Pantja membenarkan kabar sang suami sudah tiga kali terkena stroke. Harry Pantja awalnya mengalami hipertensi dan perdarahan otak.

"Dia itu kena hipertensi, terus perdarahan di otaknya, terus jadinya kena stroke. Jadinya kena stroke setengah. Tapi sudah bisa jalan sih sekarang sudah bisa terapi-terapi," jelas Imelda Laksmi, istri Harry Pantja, saat dihubungi wartawan.

Hipertensi adalah salah satu faktor risiko terbesar seseorang bisa mengidap stroke. Tekanan darah tinggi biasanya tidak memiliki gejala, tetapi merupakan faktor yang berkontribusi besar untuk stroke.

Dikutip dari laman CDC, hal-hal tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke, salah satunya tekanan darah tinggi. Selain hipertensi, beberapa faktor risiko stroke antara lain:

1. Kolesterol tinggi

Kolesterol adalah zat seperti lemak yang dibuat oleh hati atau ditemukan dalam makanan tertentu. Pada dasarnya, hati akan memproduksi kolesterol untuk kebutuhan tubuh.

Namun seringkali kolesterol lebih banyak didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Jika mengonsumsi lebih banyak daripada yang dapat digunakan tubuh, kolesterol ekstra dapat menumpuk di arteri, termasuk di otak. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, stroke, dan masalah lainnya.

2. Diabetes

Diabetes menyebabkan gula menumpuk di dalam darah dan mencegah oksigen dan nutrisi masuk ke berbagai bagian tubuh, termasuk otak Anda. Tekanan darah tinggi juga umum terjadi pada penderita diabetes.

Tekanan darah tinggi adalah penyebab utama stroke dan merupakan penyebab utama peningkatan risiko stroke pada penderita diabetes.

3. Sickle Cell Disease

Sickle cell disease atau penyakit sel sabit adalah kelainan darah yang terkait dengan stroke iskemik yang terutama menyerang anak-anak kulit hitam dan Hispanik.

Penyakit ini menyebabkan beberapa sel darah merah membentuk bentuk sabit yang tidak normal. Stroke dapat terjadi jika sel sabit tersangkut di pembuluh darah dan menghalangi aliran darah ke otak.

Ada juga beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu stroke, seperti:

  • Kurang gerak
  • Makan tidak sehat
  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol
  • Kebiasaan merokok


Simak Video "Jangan Disepelekan! Anak Muda Juga Bisa Kena Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)