Rabu, 19 Jan 2022 13:18 WIB

Selain Luna Maya, Ini 6 Artis Top Lain yang Bekukan Sel Telur

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Luna Maya saat ditemui di salah satu kawasan di Jakarta. Selain Luna Maya, ini 6 artis top yang lakukan pembekuan sel telur (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta -

Belakangan Luna Maya membuat heboh publik terkait keputusannya untuk melakukan pembekuan sel telur atau egg freezing. Egg freezing atau yang dikenal dengan oocyte cryopreservation merupakan metode menyelamatkan kemampuan wanita untuk hamil di kemudian hari.

Keputusan Luna Maya untuk melakukan egg freezing sudah ia rencanakan sejak empat tahun lalu. Namun, keinginannya baru tercapai tahun lalu karena teknologinya baru ada di Indonesia.

"Aku udah freeze egg, aku pikir dengan teknologi dan pola hidup aku, aku rasa aku cukup sehat untuk seusiaku dan aku masih punya energi itu dan entah kenapa aku ngerasa aku nggak terbebani oleh usia sih, nggak tahu kenapa," cerita Luna Maya di YouTube Venna Melinda.

Selain Luna Maya yang memutuskan untuk melakukan egg freezing, kira-kira siapa saja artis lain yang sudah melakukannya? Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut rangkumannya.

1. Rita Ora

Penyanyi asal Inggris sekaligus juri Australia's The Voice, Rita Ora sudah melakukan pembekuan sel telur saat dirinya memasuki usia 20 tahun-an. Ia melakukannya atas rekomendasi dari dokter.

Dalam wawancaranya dengan salah satu stasiun televisi Australia, saran dari kebanyakan dokter wanita biasanya melakukan pembekuan sel telur ketika usianya sudah memasuki kepala tiga karena bisa mempengaruhi kesuburannya. Tetapi Rita Ora memilih jalan yang berbeda.

"Dia mengatakan, 'Kamu sehat sekarang dan itu sangat bagus bagi tubuhmu. Bagaimana kalau kita menyimpannya dan kamu tidak perlu khawatir lagi?'," ungkap Rita Ora.

2. Rebel Wilson

Aktris berusia 41 tahun asal Australia, Rebel Wilson mengaku telah melakukan prosedur pembekuan sel telur pada 2019 lalu. Pengakuannya ini ia ungkapkan saat menjadi bintang tamu di acara Kyle & Jackie O Show.

Dalam wawancaranya, keputusannya untuk melakukan pembekuan sel telur merupakan rencana cadangan sebagai seorang wanita karir.

"Banyak wanita di usia 30 tahun melakukannya (pembekuan sel telur) bahkan ada juga yang di usia 40 tahun-an, kita harus memikirkan tentang itu (pembekuan sel telur). Saya tahu banyak orang yang melakukannya, termasuk teman-teman di Hollywood," papar Rebel Wilson.

3. Halsey

Penyanyi 27 tahun asal Amerika Serikat, Halsey, harus melewati masa sulit ketika dirinya menginjak usia 23 tahun. Ia diketahui harus menjalani operasi mengerikan untuk mengobati endometriosis yang dideritanya dan mengalami keguguran di atas panggung.

Dalam wawancara dengan The Doctors, Halsey mengungkapkan alasan dirinya melakukan egg freezing karena banyak orang yang bertanya mengapa ia melakukannya di usia muda.

"Melakukan egg freezing untuk menjaga cadangan ovarium sangat penting. Memiliki endometriosis para dan menjalani operasi untuk pengobatannya, akan mempengaruhi kesuburan," ujar Halsey.

"Saya harus lebih agresif dalam menjaga kesuburan saya, ini tentang menjaga diri saya." tutupnya.

4. Kourtney Kardashian

Meski sudah memiliki tiga orang anak, aktris reality show Keeping Up With The Kardashians memutuskan untuk melakukan pembekuan sel telur. Tujuannya yakni sebagai rencana jika di masa depan ia ingin memiliki anak lagi.

"Saya rasa ini tentang menjaga keamanan diri," katanya. "Saya harap semua ini sepadan, saya tidak ingin menempatkan badan saya untuk sesuatu seperti ini lagi, emosi yang saya rasakan terlalu banyak," ujar Kourtney menceritakan pengalamannya saat melakukan prosedur pembekuan sel telur.

Dalam salah satu episodes Keeping Up With the Kardashian, Kourtney membagikan prosedur pembekuan sel telur yang dilakukan. Dokter kandungan Kourtney juga menjelaskan bahwa ia berhasil membekukan 7 sel telur yang baik dari 8 sel telur yang ia ambil.

5. Kim Kardashian

Masih dengan keluarga yang sama. Kim Kardashian juga terbuka soal perjuangannya menjaga kesuburan sel telur, bahkan sebelum anak pertamanya, North, lahir.

"Beberapa tahun lalu, saya diberitahu bahwa saya tidak bisa hamil," kata Kim kepada ELLE UK. "Tiga dokter mengatakan hal yang sama, maka dari itu saya ingin sel telur saya dibekukan."

Saat dia hendak memulai proses pembekuan sel telurnya, ia mengetahui bahwa dirinya sedang mengandung North.

6. Paris Hilton

Berbeda dengan beberapa public figure sebelumnya, Paris Hilton memilih melakukan egg freezing setelah melakukan percakapan panjang dengan sahabatnya, Kim Kardashian.

Menurut Paris yang saat ini berusia 39 tahun, setelah mendengar kisah Kim Kardashian melakukan pembekuan sel telur, pengambilan keputusan tersebut merupakan langkah besar untuk memfokuskan diri pada hubungan romansanya di masa depan.

"Menurutku, semua wanita harus melakukannya karena Anda bisa mengendalikannya dan tidak harus berpikir untuk menikah," ungkap Paris.



Simak Video "Cerita Luna Maya Putuskan untuk Jalani Pembekuan Sel Telur"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)