Kamis, 20 Jan 2022 04:03 WIB

Penasaran Cara Bleaching Rambut? Ketahui Juga Manfaat dan Risikonya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Young woman wearing a protective face mask getting her hair washed by a hairdresser in a salon Bleaching rambut (Foto: Getty Images/AJ_Watt)
Jakarta -

Tak ayal zaman sekarang sudah banyak orang yang menginginkan perubahan pada diri sendiri, termasuk warna rambut. Bahkan, banyak dari mereka yang pergi ke salon dan membayar mahal untuk melakukan bleaching rambut. Apa sih yang dimaksud dengan bleaching rambut?

Bleaching rambut merupakan cara untuk menghilangkan warna rambut asli atau menerangkan warna rambut. Kandungan bahan kimia yang cukup keras di dalamnya, seperti zat hidrogen peroksida bisa menghilangkan pigmentasi (melanin) di rambut.

Semakin tinggi tingkat bleaching yang digunakan, semakin terang juga warna rambut yang dihasilkan. Warna yang dihasilkan dari proses bleaching rambut mulai dari cokelat, kuning, hingga putih.

Manfaat Bleaching Rambut

Dikutip dari Health Research Funding, Selasa (18/01/2022), berikut manfaat dan kelebihan dari bleaching rambut:

1. Membuat warna rambut menjadi lebih terang

Bleaching rambut adalah salah satu cara termudah untuk mencerahkan warna rambut. Terutama sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki rambut gelap alami atau pirang platinum.

2. Warna cat rambut yang diinginkan lebih terang dan terlihat

Orang yang memiliki rambut berwarna hitam biasanya tak akan terlalu kelihatan jika menggunakan cat rambut apapun itu warnanya. Sebab, warna cat rambut diketahui tak memiliki kandungan kimia aktif untuk meluruhkan pigmen rambut.

Namun, Jika seseorang melakukan bleaching rambut terlebih dahulu sebelum mewarnai rambut, hasilnya akan terlihat lebih terang dan jelas.

3. Membuat transisi warna rambut yang cepat

Bagi orang yang suka sekali mengganti-ganti warna rambut, seperti merah, ungu, dan lainnya, bisa melakukan bleaching rambut untuk mempercepat transisi warna rambut.

Risiko Bleaching Rambut

meski punya sejumlah manfaat, bleaching rambut juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Bahkan, bisa memberi dampak buruk pada kesehatan rambut, loh. Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya:

1. Kerusakan rambut

Kandungan bleaching yang cukup keras untuk rambut, dapat membuatnya terlihat kering dan kusam. Bahkan, di beberapa kasus, ada juga yang mengalami rontok parah akibat batang rambut yang patah.

2. Kulit kepala terbakar

Bleaching rambut juga dapat menyebabkan luka bakar di kulit kepala akibat kandungan kimia yang sangat keras, seperti hidrogen peroksida, persulfat, dan zat alkali.

Umumnya luka bakar yang dihasilkan hanya di area permukaan kulit kepala saja. Namun, di beberapa kasus, ada juga luka bakar yang tergolong parah hingga membutuhkan rawat inap.

3. Kulit kepala terasa gatal dan terkelupas

Kandungan bahan kimia di dalam bleaching rambut dapat menyebabkan iritasi kulit kepala berupa dermatitis kontak. Ini bisa memicu sensasi rasa gatal dan kulit kepala yang terkelupas.


Buat kalian yang mau mencoba bleaching rambut, disarankan untuk tidak mencobanya sendiri di rumah apabila tidak mengerti cara melakukannya. Sebaiknya pergi ke salon atau meminta pertolongan kepada seorang professional hair stylist agar dapat terhindar dari efek samping bleaching rambut.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)