Kamis, 20 Jan 2022 05:30 WIB

Terbaru! Cara Cek Sertifikat Vaksin COVID-19 untuk Anak

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jasa percetakan sertifikat vaksin COVID-19 tengah marak akhir-akhir ini. Namun yang patut diwaspadai adalah potensi bocornya data diri pengguna. Cara cek sertifikat vaksin anak (Foto: Andhika Prasetya)
Jakarta -

Bagaimana cara cek sertifikat vaksin COVID-19 untuk anak? Program vaksin COVID-19 tak hanya ditargetkan untuk kelompok usia dewasa dan lansia, tetapi juga sudah ditargetkan untuk anak usia 6-11 tahun loh. Hal ini bertujuan untuk menciptakan herd immunity terhadap virus Corona.

Sebelum masuk penjelasan cara cek sertifikat vaksin anak, ketahui dulu syarat vaksin untuk anak usia 6-11 tahun. Dikutip dari laman resmi Satgas COVID-19, pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.

Sampai saat ini diketahui sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut, yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Untuk jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac dan sudah memiliki izin Emergency Use Authorization (EUA). Dosis vaksin yang diberikan hanya 0,5 mili dan akan dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak penyuntikan minimal 28 hari.

Selain itu, anak-anak yang akan divaksinasi wajib membawa KK (kartu keluarga) atau dokumen yang mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak.

Apabila sudah memenuhi kriteria di atas, anak bisa langsung didaftarkan program vaksinasi di unit kesehatan daerah masing-masing dan nantinya akan diinput ke dalam data PeduliLindungi.

Cara Cek Sertifikat Vaksin COVID-19 untuk Anak

Terdapat dua cara untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 untuk anak, yaitu melalui website atau aplikasi PeduliLindungi. Berikut adalah langkahnya:

Website PeduliLindungi

  1. Kunjungi website https://pedulilindungi.id/.
  2. Setelah masuk, pilih opsi "Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi".
  3. Setelah diklik, akan muncul pemberitahuan untuk memasukkan nomor HP yang didaftarkan. Silakan memasukkan nomor telepon orangtua/wali yang telah didaftarkan sebelumnya.
  4. Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS. Hati-hati, pastikan untuk tidak memberikan kode ini kepada orang lain.
  5. Setelah berhasil, klik menu "Sertifikat Vaksin" yang berada di samping kiri.
  6. Bila sudah melakukan vaksinasi, akan muncul sertifikat tahap pertama dan kedua.
  7. Silakan unduh sertifikat vaksin COVID-19.

Aplikasi PeduliLindungi

  1. Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Masukkan nama anak dan nomor HP orang tua.
  3. Masukkan pula kode OTP yang dikirimkan via SMS. Hati-hati, pastikan tidak memberikan kode OTP ini kepada orang lain.
  4. Setelah berhasil login, klik menu "Sertifikat Vaksin".
  5. Bila sudah melakukan vaksinasi, sertifikat tahap pertama dan kedua akan otomatis muncul di tampilan halaman.
  6. Silakan unduh sertifikat vaksin COVID-19 yang tersedia di bagian kanan bawah.

Itulah cara cek sertifikat vaksin COVID-19 untuk anak melalui website dan aplikasi PeduliLindungi. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan jangan lupa untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun ya.



Simak Video "Pengumuman! Sertifikat Vaksin Internasional Sudah Tersedia di PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)