Kamis, 20 Jan 2022 13:33 WIB

Luna Maya Lakukan Egg Freezing, Dokter: Tak Ada Bukti Tingkatkan Risiko Cacat

Firdaus Anwar - detikHealth
Luna Maya saat ditemui di salah satu kawasan di Jakarta. Foto ilustrasi: Noel/detikHOT
Jakarta -

Artis sekaligus Luna Maya dikabarkan membekukan sel telurnya (egg freezing). Prosedur ini ia lakukan sebagai persiapan bila nantinya ada keinginan memiliki anak di usia tua, meski sudah memasuki masa menopause.

"Aku pikir ini suatu tindakan persiapan saja. Supaya telur aku masih muda walaupun sudah menopause gitu," ungkap Luna beberapa waktu lalu.

dr Ivander Ramon Utama, SpOG, MSc, FMAS, dari klinik kesuburan Morula IVF Ciputat menjelaskan bahwa egg freezing berfungsi untuk mempertahankan kesuburan wanita. Ini dilakukan dengan dokter mengambil sel telur yang ada di rahim seorang wanita, kemudian telur dibekukan untuk dipakai dalam program bayi tabung di kemudian hari.

Awalnya egg freezing disarankan untuk wanita yang akan menjalani prosedur medis yang berisiko mempengaruhi kesuburannya, misal kemoterapi atau operasi rahim. Namun belakangan egg freezing juga diminati oleh wanita yang ingin menunda waktu kehamilan.

"Dalam prosesnya sendiri egg freezing itu tidak menurunkan kualitas sel telur. Karena prosesnya menggunakan teknologi cryo, bukan pendingin biasa seperti kulkas," kata dr Ivander pada detikcom, Kamis (20/1/2022).

"Sehingga yang terjadi proses 'pembekuannya' itu berbeda dari kita menyimpan barang di dalam kulkas," lanjutnya.

Menurut dr Ivander, sejauh ini tidak ada bukti penggunaan sel telur yang dibekukan dalam program bayi tabung meningkatkan risiko cacat. Kecacatan lebih mungkin bisa terjadi karena berbagai faktor mulai dari kualitas sperma, proses fertilisasi, hingga proses kehamilan.

"Satu hal yang pasti adalah menggunakan telur hasil egg freezing itu tidak meningkatkan risiko terjadinya ketidaksempurnaan atau kecacatan embrio," pungkas dr Ivander.



Simak Video "Luna Maya Jalani Pembekuan Sel Telur, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)