Kamis, 20 Jan 2022 20:45 WIB

Round Up

Bakal Terapkan Micro Lockdown, Ini 5 Zona Merah Omicron di DKI

Vidya Pinandhita - detikHealth
Situasi Covid-19 di Jakarta disebut memburuk pasca masuknya virus Corona varian Omicron yang diyakini lebih cepat menular dari varian sebelumnya, Jumat, (7/1/2022). 5 zona merah Omicron di DKI Jakarta. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Kasus COVID-19 Indonesia tembus dua ribu, tempatnya 2.116 kasus, Kamis (20/1/2022). DKI Jakarta menyumbang kasus COVID-19 terbanyak dengan jumlah 1.155. Selain itu, DKI juga tercatat menjadi provinsi penyumbang kasus Omicron terbanyak.

Dikutip dari siaran pers Pemprov DKI, Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan total kasus Omicron sebanyak 988 orang, 633 orang di antaranya merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Sementara itu, 325 lainnya merupakan transmisi lokal.

Mengacu pada laporan Kementerian Kesehatan RI yang diterima detikcom, Rabu (19/1), pasien Omicron di DKI Jakarta terpantau menyebar ke sejumlah daerah.

Berdasarkan data yang dihimpun, Minggu (15/1), terdapat lima daerah yang dikategorikan berwarna merah oleh Kemenkes:

  • Kalideres
  • Kebon Jeruk
  • Kebayoran Baru
  • Kecamatan Cilandak
  • Senen

Daerah dengan status merah tersebut mencatat lebih dari delapan kasus COVID-19 Omicron. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyebut, kelima wilahah ini akan menerapkan micro lockdown.

"Ya salah satu penangananya kan di-micro-lockdown salah satunya. Selain di situ ditingkatkan active case finding, 3T-nya semua lah teman-teman sudah hafal, sudah tahu apa tahapan-tahapannya," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Selain itu, terdapat wilayah kuning yang melaporkan satu hingga tujuh kasus Omicron. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Top 5 2021: Vaksinasi Covid-19 Perdana hingga Varian Omicron Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]