Jumat, 21 Jan 2022 10:02 WIB

5 Tips Tetap Sehat Saat Rayakan Imlek di Tengah Pandemi

Inkana Putri - detikHealth
Ilustrasi Imlek Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Tahun baru Imlek kerap menjadi salah satu momen hari besar yang dirayakan setiap tahun. Hampir sama dengan perayaan-perayaan besar lainnya, Imlek selalu disambut dengan keramaian dan suka cita.

Namun, menyambut perayaan Imlek di tahun 2022 ini kita harus tetap waspada menjaga kesehatan tubuh. Sebab, Indonesia masih berada di kondisi Pandemi COVID-19, terlebih adanya ancaman varian baru Omicron. Maka dari itu, agar tetap aman dan tenang merayakan Imlek, kita perlu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Melansir asianfoodnetwork, berikut 5 tips yang bisa dilakukan agar bisa tetap sehat saat merayakan Imlek bersama keluarga.

1. Matangkan Persiapan

Merayakan Imlek tentu perlu persiapan yang matang, khususnya soal makanan. Sebaiknya, rencanakan dengan baik sebelum Anda membeli bahan makanan. Hindari untuk tidak membeli terlalu banyak makanan sebelum perayaan agar tidak berlebihan. Simpan juga bahan makanan yang akan dimasak secara baik dan benar agar kesegarannya tetap terjaga. Di tengah pandemi, ada baiknya juga untuk memasak makanan sendiri sehingga Anda bisa menentukan persis bahan makanan yang digunakan dan proporsinya.

2. Makan dengan Selektif

Saat Imlek, tentunya akan ada banyak makanan yang tersedia di meja. Alih-alih menyantap semua makanan, sebaiknya pilih makanan yang benar-benar ingin Anda coba. Selain itu, hindari juga mencicipi makanan yang tidak boleh Anda makan misalnya seperti makanan yang tinggi lemak, gula, dan lainnya.

3. Pilih Minuman Sehat

Selain makanan, perayaan Imlek juga seringkali menghadirkan berbagai jenis minuman. Namun, sebaiknya pilih minuman yang sehat atau terbuat dari bahan herbal seperti air putih, jus, atau teh China. Untuk menjaga kesehatan tubuh, hindari juga mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti soda, cola, kopi, hingga alkohol.

4. Konsumsi Sayur

Sayuran merupakan makanan yang sangat baik bagi tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jumlah tinggi. Sayuran juga mengandung banyak serat, yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk itu, saat merayakan Imlek, jangan lupa untuk mengambil menu sayuran ke dalam piring Anda seperti sup atau dumpling.

5. Perbanyak Vitamin C

Perayaan Imlek tentu identik dengan kumpul keluarga. Meskipun masih dalam lingkup keluarga, bukan berarti virus tak bisa saling menular. Untuk itu, Anda perlu tetap menjaga diri dengan meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya dengan memperbanyak konsumsi vitamin C. Cobalah untuk mengonsumsi jeruk mandarin yang juga merupakan sumber vitamin C dan serat.

Nah, itulah kelima cara agar tetap sehat selama perayaan Imlek di tengah pandemi. Selain kelima tips tersebut, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, salah satunya minum Ensure.

Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya yang bantu dukung kekuatan dan daya tahan tubuh.

Ensure juga terbukti secara klinis merupakan brand dengan penjualan nomor 1 di dunia, serta produk bernutrisi nomor 1 yang direkomendasikan di Indonesia. Minum Ensure dua gelas sehari untuk bantu dukung pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan aktif sepanjang hari. Informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat dapat diakses melalui ensure.co.id.

(akd/ega)