Cukupi Nutrisi Ini agar Terhindar dari Cedera saat Berolahraga

ADVERTISEMENT

Cukupi Nutrisi Ini agar Terhindar dari Cedera saat Berolahraga

Atta Kharisma - detikHealth
Selasa, 30 Nov 2021 10:05 WIB
Ilustrasi Lansia
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Cedera saat beraktivitas dan berolahraga adalah sesuatu yang tidak jarang terjadi pada tubuh seseorang. Tapi apakah Anda tahu kalau selain postur tubuh yang buruk saat beraktivitas, cedera juga disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi?

Dilansir dari Carrel Clinic, kekurangan nutrisi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti menurunnya imunitas tubuh, berkurangnya massa dan kekuatan otot, menurunnya ketahanan tubuh, serta daya tahan dan kesehatan tulang.

Oleh karena itu penting untuk selalu memenuhi asupan nutrisi secara lengkap dan seimbang setiap harinya. Adapun nutrisi yang harus Anda konsumsi yakni karbohidrat, vitamin, protein, lemak, serat, mineral, dan air.

Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan serta jumlah asupan per nutrisi yang harus dipenuhi setiap harinya.

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh untuk mengubah gula sederhana dan pati kompleks menjadi glukosa yang kemudian dijadikan sumber energi untuk tubuh.

Karbohidrat dapat diperoleh melalui nasi, roti, gandum/oatmeal, sorghum, quinoa, dan kacang-kacangan. Jumlah rata-rata karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya adalah 45-65% dari total kalori yang dikonsumsi.

2. Vitamin

Vitamin merupakan makronutrien yang memiliki peranan penting dalam menjaga sel serta memperlancar metabolisme tubuh. Selain itu, vitamin juga membantu mencegah risiko serangan kanker, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan kulit, serta memperkuat tulang dan gigi.

Sumber vitamin dapat diperoleh dari buah dan sayuran seperti kacang-kacangan, apel, jeruk, lemon, buah bit, alpukat, biji-bijian, dan sebagainya. Pastikan makanan yang dikonsumsi kaya akan vitamin, terutama vitamin A, D, E, K, dan B Kompleks.

3. Protein

Protein adalah bahan bakar yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Protein juga membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan sel.

Tubuh setidaknya memerlukan 40-50 g protein setiap harinya, yang dapat diperoleh dari daging sapi, daging ayam, ikan dan makanan laut lainnya, kacang-kacangan, telur, susu, kedelai, serta sayuran hijau.

4. Lemak

Lemak sering diasosiasikan dengan kegemukan dan obesitas. Tapi faktanya, setiap orang memerlukan asupan lemak dalam jumlah tertentu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Lemak adalah salah satu sumber energi yang membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, serta membantu produksi hormon. Lemak sehat dapat diperoleh dari makanan seperti daging ikan, minyak sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Asupan lemak yang diperlukan tubuh setiap harinya adalah 20-35% dari total kalori per hari.

5. Serat

Serat dapat membantu untuk penyerapan nutrisi, menjaga sistem pencernaan, serta mengendalikan imunitas dan keseimbangan bakteri di usus. Serat dapat diperoleh dari sayuran hijau, gandum, sorghum, edamame, dan kedelai.

6. Mineral

Mineral sangat penting untuk pertumbuhan dan proses metabolisme sel tubuh. Tubuh memerlukan asupan mineral seperti kalsium, magnesium, zinc, sodium, potassium, dan sebagainya.

Orang dewasa normal membutuhkan total sekitar 1.000mg per hari. Mineral dapat diperoleh dari daging merah, daging ayam, makanan laut, garam, kacang dan biji-bijian, sayur-sayuran, buah, dan kuning telur.

7. Air

Sebagai salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh, air memiliki peran yang cukup penting. Air berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh dalam bentuk keringat dan urine, membantu mengedarkan nutrisi makanan, mencegah sembelit, dan melindungi tubuh dari dehidrasi.

Asupan air dapat dipenuhi dengan minum yang cukup. Adapun jumlah air yang diperlukan tubuh per harinya adalah sekitar 2-3.7 liter.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi di atas, Anda juga bisa memenuhi kecukupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen dan makanan tambahan. Salah satunya adalah Ensure, yang memiliki nutrisi lengkap dan seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi unik antara whey, kasein, dan soya, kandungan omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, serta nutrisi lain yang menunjang bagi kesehatan tubuh. Ensure juga tersedia dalam dua varian rasa yang nikmat; vanila dan coklat.

Ensure juga telah melalui uji klinis dan merupakan brand nutrisi dewasa dengan track penjualan nomor 1 di dunia. Karena itu Ensure merupakan salah satu produk nutrisi yang terpercaya dan direkomendasikan di Indonesia.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT