ADVERTISEMENT

Senin, 29 Nov 2021 09:05 WIB

Awas! 8 Bahaya Ini Bisa Mengintai Bila Massa Otot Berkurang

Erika Dyah - detikHealth
Ilustrasi Shutterstock Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kekurangan massa otot merupakan hal yang akan terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Namun, bukan berarti hal ini boleh diabaikan begitu saja, sebab berkurangnya massa otot bisa menyebabkan berbagai bahaya mengintai kesehatan.

Melansir Abbott dan Theconversation, massa otot berperan penting dalam kesehatan dan berhubungan dengan banyak organ vital dalam tubuh. Meski seiring usia massa otot bisa dipastikan akan berkurang, namun kehilangan terlalu banyak massa otot juga bisa berdampak bagi sejumlah masalah kesehatan, di antaranya sebagai berikut.

1. Risiko Jatuh

Orang yang mengalami kekurangan massa otot berlebih hingga menderita sarcopenia sangat rentan dengan risiko jatuh karena kekuatan ototnya berkurang. Meski terdengar sederhana, risiko ini dapat menyebabkan patah tulang dan cedera yang bisa mengurangi kualitas hidup, bahkan bisa menyebabkan kematian.

2. Membatasi Mobilitas

Berkurangnya massa otot dapat membatasi mobilitas, serta membuat seseorang tak lagi mampu melakukan aktivitas normal sehari-hari, seperti bangun dari tempat tidur, menaiki tangga, atau membawa barang belanjaan. Kemungkinan buruknya, hal ini menyebabkan seseorang tak lagi mampu beraktivitas tanpa bantuan orang lain.

3. Picu Diabetes Tipe 2

Otot menggunakan glukosa/gula darah sebagai bahan bakar, sehingga kehilangan otot dalam jumlah besar secara tiba-tiba dapat menyebabkan resistensi insulin yang memicu diabetes tipe 2. Ketika massa otot berkurang, fungsi otot yang berguna untuk membantu keseimbangan gula darah pun menjadi tidak optimal dan meningkatkan risiko terkena diabetes.

4. Picu Masalah Kesehatan Jantung

Massa otot yang berkurang juga dapat memicu masalah serius pada kesehatan jantung atau pembuluh darah. Otot memainkan peran protektif dalam kesehatan jantung. Diketahui, orang dengan penyakit jantung memiliki peluang hidup lebih baik ketika memiliki tingkat massa otot yang tinggi dibanding mereka yang memiliki jumlah otot lebih sedikit.

5. Mempengaruhi Berat Badan

Penurunan massa otot juga bisa berpengaruh pada ketidakseimbangan sistem metabolisme dalam tubuh. Ketika tubuh kehilangan massa otot, sistem metabolisme akan melambat dan menyebabkan pembakaran kalori berkurang. Hal ini mau tidak mau juga akan berpengaruh pada berat badan Anda nantinya.

6. Menimbulkan Komplikasi

Pasien rumah sakit dengan massa otot yang rendah disebut rentan terhadap luka baring dan infeksi, serta berisiko mengalami komplikasi dari penyakit yang dideritanya. Tak jarang, ditemukan beberapa kasus orang dengan massa otot rendah yang tidak dapat menyelesaikan perawatan yang membutuhkan asupan energi tinggi, seperti kemoterapi.

7. Masalah Pernapasan

Bagi orang dengan masalah pernapasan, kehilangan otot juga dapat menyebabkan komplikasi tambahan. Diketahui, penurunan massa otot memiliki pengaruh pada penurunan fungsi paru-paru, khususnya pada pasien yang memiliki penyakit paru kronis.

8. Mengurangi Angka Harapan Hidup

Rasio antara otot dan lemak yang lebih tinggi juga seringkali dikaitkan dengan angka harapan hidup seseorang. Dengan massa otot yang terjaga, seseorang dapat melakukan aktivitas secara aktif dan optimal sehingga hal ini juga turut berpengaruh pada angka harapan hidup yang lebih tinggi di usia tua.

Jika sudah mengetahui sederet bahaya yang bisa mengintai jika massa otot berkurang dalam jumlah banyak, maka kini saatnya untuk mencegahnya dengan segera. Risiko berkurangnya massa otot dapat dicegah atau diperlambat dengan perubahan gaya hidup serta latihan fisik yang sesuai.

Selain itu, masyarakat bisa melakukan diet protein tinggi dari makanan bergizi yang kayak protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan juga produk susu seperti Ensure.

Susu Ensure bisa dijadikan pilihan tepat untuk menjaga massa otot dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat agar massa otot tidak berkurang atau tidak mengalami sarcopenia. Ensure memiliki nutrisi lengkap dan seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya.

Tak hanya itu, Ensure juga mengandung nutrisi penting lainnya, mulai dari omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Ensure juga memiliki uji klinis dan sebagai brand nutrisi dewasa dengan penjualan nomor 1 di dunia.

Tunggu apa lagi? Mulai konsumsi Ensure sejak dini untuk hindari berbagai bahaya yang dapat mengintai akibat massa otot yang berkurang. Informasi lebih lanjut tentang gaya hidup sehat, bisa mengakses ensure.co.id

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT