Jumat, 26 Nov 2021 10:05 WIB

Jaga Kesehatan Massa Otot dengan Konsumsi Triple Protein, Apa Itu?

Angga Laraspati - detikHealth
Ilustrasi Shutterstock Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Pada 12 November yang lalu, Indonesia merayakan Hari Kesehatan Nasional. Pada momen tersebut masyarakat diajak untuk bergotong royong agar Indonesia lebih sehat.

Nah, salah satu yang bisa diperhatikan adalah penyakit kekurangan massa otot atau yang biasa disebut Sarcopenia. Dilansir dari website Ensure, sarcopenia merupakan kondisi penurunan massa dan kekuatan otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Sarkopenia menjadi masalah yang sering dialami oleh orang di atas usia 50 tahun. Namun orang yang tidak aktif secara fisik berisiko kehilangan sebanyak 3% - 5% massa otot setiap 10 tahun setelah menginjak usia 30 tahun.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan massa otot untuk mencegah sarcopenia. Dilansir dari verywell fit, satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah mengonsumsi protein yang tepat dan seimbang.

Khususnya untuk senior atau lansia, perlu dipastikan mereka makan dengan baik dan mendapatkan jumlah protein yang disarankan untuk tingkat aktivitas. Setidaknya dibutuhkan 0,8 gram protein per kilogram berat badan setiap hari dan hingga 1,2 gram lebih baik untuk manula.

Untuk mengetahui jumlah protein yang dibutuhkan, ambil berat badan Anda dalam pound, dan kalikan dengan 0,45. Kalikan angka itu dengan 1,2 dan itulah asupan protein harian yang direkomendasikan.

Nah, ada sebuah kombinasi protein unik yang disebutkan dalam dua jurnal dari Paul G dan Reidy P yaitu gabungan dari Whey, Soya, dan Kasein. Triple Protein ini dinilai sangat penting untuk membantu massa otot mencegah terjadinya sarcopenia atau kekurangan massa otot di hari tua.

Dalam jurnal tersebut, ketiga protein ini disebut memiliki nutrisi yang lengkap. Walau begitu ada perbedaan di antara ketiganya. Seperti Whey, protein ini cepat untuk diserap, tinggi leusin, dan juga mampu menambah massa tubuh tanpa pelengkap.

Namun, whey tidak mengandung glutamin, arginin, dan antioksidan yang tinggi. Karenanya dilengkapi dengan Soya yang mengandung kandungan tinggi di ketiganya. Sama seperti whey, soya juga mampu menambah massa tubuh tanpa pelengkap.

Triple Protein ini sebenarnya dengan mudah didapatkan salah satunya dengan mengonsumsi Ensure 2 kali sehari. Susu ini mengandung triple protein, kombinasi whey, soya, dan kasein untuk bantu menjaga massa otot.

Cara lainnya adalah mengonsumsi makanan untuk mengumpulkan energi sehari-hari. Bisa dibayangkan jika tidak makan dan minum cukup, kemungkinan besar akan kehilangan otot dan mungkin tulang.

Jangan lupakan juga olahraga yang teratur, sebab otot memiliki simpanan glukosa yang harus dijaga. Sebuah hormon yang bernama kortisol memecah otot menjadi asam amino, kemudian hormon lain, glukagon, strip asam amino dan mengubah kerangka karbon menjadi glukosa.

Perhatikan juga waktu tidur untuk membangun kembali hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Sebut saja, hormon testosteron dan hormon pertumbuhan manusia. Lakukan juga relaksasi, karena stres emosional akan menginduksi hormon stres katabolik, yang berarti lebih banyak kerusakan otot jika tidak berhati-hati.

Jadi untuk menjaga kesehatan massa otot, lakukanlah beberapa langkah tersebut dan jangan lupa mengonsumsi Ensure yang memiliki triple protein dan uji klinis. Ensure juga merupakan brand nutrisi dewasa dengan penjualan nomor 1 di dunia,

Ensure memiliki formula lengkap seimbang yang mengandung Triple protein - kombinasi unik whey - kasein - soya, omega 3 & 6, 14 vitamin & 9 mineral, rendah laktosa dan nutrisi penting lainnya. Ensure tersedia dalam 2 pilihan rasa yang lezat, yakni vanila dan cokelat. Informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat bisa mengakses ensure.co.id.

(ads/ads)