Jumat, 21 Jan 2022 19:01 WIB

Heboh Suntik Vaksin Kosong di Medan, Menkes: Ini Urusan Kemanusiaan

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Belum lama ini viral di media sosial peristiwa suntik vaksin COVID-19 kosong di SD Wahidin, Medan, Sumatera Utara. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun memberikan respons terkait kejadian tersebut.

"Ini, kan, vaksinasi kita kerja bukan hanya buat diri kita. Ini urusannya kemanusiaan. Ya harus ngerti, lah, suatu saat kita akan mati. Ditanya juga oleh Yang Di Atas pertanggung jawabannya gimana," jelas Budi Gunadi Sadikin saat berkunjung ke Bantul, DIY, pada hari ini, Jumat (21/1/2022).

"Imbauan kepada teman-teman yang lain tolong jangan begitu. Karena itu merupakan hal yang sangat tidak bermanfaat dan menurut saya, sih, ya berdosa, lah, kita sebagai manusia," tambahnya.

Peristiwa tersebut bermula dari sebuah video yang siswa SD disuntik vaksin kosong di SD Dr Wahidin, Medan Labuhan, Medan. Dalam video tersebut terlihat suntikan yang dipegang vaksinator terlihat kosong.

"Mohon dilaporkan dan diviralkan, orang yang sama, dan semua anak disuntik kosong oleh manusia ini. Jahat sekali," demikian narasi dalam video yang dilihat detikcom.

Menkes Budi mengaku telah mengantongi identitas vaksinator ke siswa SD di Medan. Vaksinator itu merupakan seorang dokter berinisial G.

Budi memastikan akan menindak vaksinator tersebut sesuai aturan berlaku.

(ayd/fds)