Omicron RI Melesat 1.161 Kasus, 282 Transmisi Lokal! Ini Gejalanya

ADVERTISEMENT

Omicron RI Melesat 1.161 Kasus, 282 Transmisi Lokal! Ini Gejalanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sabtu, 22 Jan 2022 09:33 WIB
Kasus COVID-19 varian Omicron mulai merebak di DKI Jakarta. Salah satu wilayah yang dikategorikan berwarna merah adalah Kalideres, Jakbar.
Omicron Indonesia tembus seribu kasus. (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mengumumkan total kasus Omicron di Indonesia sudah menyentuh seribu kasus. Adapun 831 di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri.

Mayoritas yang terpapar Omicron sudah divaksinasi lengkap. Karenanya, gejala COVID-19 yang ditimbulkan cenderung lebih ringan bahkan tanpa gejala.

"Sejak 15 Desember secara kumulatif jumlah kasus Omicron yang kita identifikasi hingga sekarang ada 1.161 dengan yang lokal (penularan dalam negeri) sebanyak 282 orang," tutur dr Nadia dalam webinar daring Sabtu (22/1/2022).

Gejala ringan

"Umumnya sebagian besar sudah mendapatkan vaksinasi, dan mereka gejala yang timbul lebih ringan," sambungnya.

Sebelumnya, dr Nadia menyebut gejala ringan yang dikeluhkan meliputi batuk dan pilek.

Adapun pelaku perjalanan luar negeri yang paling banyak menyumbang kasus Omicron adalah pekerja migran indonesia dari Arab Saudi hingga wisatawan yang baru pulang dari Turki. dr Nadia juga memantau jemaah umroh keberangkatan perdana, apakah akan ikut menyumbang penambahan kasus Omicron di Tanah Air.

Informasi terakhir, ada 10 jemaah umroh yang teridentifikasi probable Omicron dari total 87 jemaah yang positif COVID-19.

"Bagi masyarakat yang tidak punya kepentingan mendesak, dimohon untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri," pesan dia.



Simak Video "Temuan Terkini Terkait Subvarian Omicron BN.1"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT