Sabtu, 22 Jan 2022 18:31 WIB

Kemenkes Umumkan Dua Kasus Omicron RI Meninggal Dunia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up. Dua pasien Omicron di Indonesia meninggal dunia. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mengumumkan dua pasien Omicron di Indonesia meninggal dunia. Varian Omicron diketahui memiliki tingkat penularan lebih tinggi, ketimbang COVID-19 varian lain termasuk Delta.

"Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso," ucap juru bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, MEpid.

Pasien Corona tersebut dipastikan memiliki riwayat penyakit penyerta. Namun, belum diketahui status vaksinasi COVID-19 dari keduanya.

Seperti diketahui, berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022, ada kriteria pasien Omicron yang bisa menjalani isolasi mandiri. Adalah mereka yang positif COVID-19 tanpa gejala dan tidak memiliki riwayat penyakit penyerta.

"Melalui Surat Edaran ini, penanganan pasien konfirmasi Omicron sesuai dengan penanganan COVID-19, untuk kasus sedang sampai berat dilakukan perawatan di rumah sakit, sementara tanpa gejala hingga ringan, difokuskan untuk Isolasi mandiri dan Isolasi Terpusat (isoter)," jelas dr Nadia

Indonesia per hari ini mencatat lonjakan kasus COVID-19 menembus 3 ribu kasus Corona. Ada 5 orang yang dilaporkan meninggal dunia. Sementara total kasus Omicron di Indonesia sudah melampaui seribu kasus per Jumat (21/1/2022).

Lihat juga Video: 4 Orang Satu Keluarga di Semarang Positif Omicron Usai dari Luar Negeri

[Gambas:Video 20detik]




(naf/up)