Senin, 24 Jan 2022 15:30 WIB

Omicron Disebut Tak Bahaya Tapi 2 Pasien Meninggal, Perlukah Panik?

Vidya Pinandhita - detikHealth
covid-19 omicron variant vaccination concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Teka77
Jakarta -

Terkait COVID-19 RI yang kini melonjak akibat varian Omicron, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tidak panik. Sebab menurutnya, kenaikan kasus akibat varian Omicron kini masih tidak sebanyak kenaikan kasus akibat varian Delta beberapa bulan lalu.

"Sudah terkonfirmasi 1.600 yang terkena Omicron, yang memang dirawat butuh oksigen hanya sekitar 20 dan yang wafat dua. Ini masih jauh lebih rendah dibandingkan kasusnya Delta," ujarnya dalam konferensi pers virtual terkait Hasil Rapat Terbatas 'Evaluasi PPKM', Senin (24/1/2022).

"Apa yang perlu kita lakukan? Pertama kita tidak perlu panik tapi harus terus waspada dan hati-hati. Karena memang laju penularannya tinggi tetapi tidak perlu panik karena hospitalisasi dan kematiannya rendah," sambungnya.

Gejalanya Omicron memang lebih ringan, tapi ini catatan dokter

Dalam kesempatan lainnya, Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) memberikan imbauan serupa terkait masyarakat tidak perlu panik menghadapi kenaikan kasus COVID-19 akibat varian Omicron.

Meski gejala akibat infeksi varian Omicron relatif lebih ringan dibanding varian Corona lainnya, lonjakan jumlah pasien akibat cepatnya penyebaran Omicron bisa berimbas pada kewalahannya fasilitas kesehatan.

"Meski terkesan ringan, berbagai data menunjukkan gejala memerlukan perawatan seperti demam tinggi, napas berat, terutama pada tiga kelompok yaitu lansia, orang dengan komorbid, dan anak-anak. Apalagi kalau sudah lansia juga ada komorbid," ujar Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat PDPI dr Erlina Burhan dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron', Senin (24/1).

Simak video 'Kemenkes Bakal Gunakan PCR-SGTF untuk Deteksi Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



Gejala lebih ringan, kenapa harus waspada? Penjelasan dokter di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2