Sabtu, 22 Jan 2022 20:30 WIB

Marak Kabar Anak Meninggal Usai Vaksinasi, Begini Penjelasan Komnas KIPI

Hartaty Varadifa - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Belakangan ini marak dikabarkan sejumlah kasus anak meninggal usai melakukan vaksinasi COVID-19. Di antaranya, seorang murid kelas enam Madrasah Ibtidaiyah (MI) asal Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi meninggal dunia usai menjalani vaksinasi COVID-19. Siswa kelas enam ini diduga mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Murid yang berinisial MDA ini meninggal pada pada Jumat (21/1/2022) dan sempat mengalami beberapa kali demam tinggi dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Betha Medika, Kabupaten Sukabumi.

Selain itu siswi kelas 4 SD, Naura Sabrina Galiyah (9) di Jombang meninggal setelah divaksin Sinovac dosis pertama pada Jumat (31/12/2021). Siswi ini juga diduga mengalami KIPI.

Ada juga siswa PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) asal Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur yang meninggal usai menjalani vaksinasi anak pada Kamis, (18/1/2022). Bahkan anak yang diduga mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) itu sempat beberapa kali demam tinggi dan kejang-kejang.

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof Dr dr Hindra Irawan Satari, SpA(K), M.TropPaed menjelaskan bahwa kejadian ini perlu dijelaskan, namun butuh data lebih banyak untuk membuktikan keterkaitan antara vaksin dan penyakit lain yang dialami oleh anak.

"Untuk membuktikan ada keterkaitan harus ada 2 bukti. Awitan yaitu onset atau waktu vaksinasi dan kedua, ada penyakit lain. Kalau waktunya sesuai dan tidak ada penyakit lain maka bisa berkaitan dengan kematian," ujar profesor yang biasa disapa Prof Hinky tersebut, dalam acara daring bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Sabtu (22/1/2022).

Prof Hinky kemudian menyebutkan harus lebih dikaji lagi mengenai waktu vaksinasi dan penyakit bawaan yang dimiliki anak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KIPI Vaksin COVID-19 pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]