Minggu, 23 Jan 2022 06:55 WIB

Round Up

2 Kasus Omicron RI Meninggal, Kemenkes Ingatkan Masker Penangkal Paling Ampuh

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Atemschutzmasken auf Leine gehangen Ilustrasi masker (Foto: Getty Images/iStockphoto/diephosi)
Jakarta -

Dua pasien terkonfirmasi Omicron di Indonesia meninggal, keduanya merupakan lansia dan mengidap komorbid. Kementerian Kesehatan kembali mengingatkan pentingnya pakai masker.

Soal pakai masker, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan untuk tidak asal-asalan. Masker jenis apapun hanya efektif jika digunakan dengan benar.

"Masker dobel kalau pakai masker kain dengan masker medis, tapi yang penting pakai maskernya dengan benar. Tidak dipasang di bawah dagu atau hidung," pesan dr Nadia kepada detikcom, Sabtu (22/1/2022).

Baru-baru ini, Kemenkes mengkonfirmasi kematian pertama pada dua pasien terkonfirmasi Omicron di Indonesia. Satu di antaranya adalah kasus transmisi lokal yang dirawat di RS Sari Asih Ciputat, dan yang satu lagi pelaku perjalanan luar negeri yang meninggal di RSPI Sulianti Saroso.

Secara kumulatif, Kemenkes mencatat hingga saat ini ada 1.161 kasus kofirmasi varian micron di Indonesia dengan 282 kasus merupakan transmisi lokal. Meski memiliki daya tular tinggi, varian omicron cenderung lebih ringan gejalanya.

Khusus pada dua kasus meninggal, suplementasi oksigen diberikan karena saturasi sangat rendah. Disebutkan, keduanya memiliki komorbiditas dan mengalami gejala berat.

Simak Video 'Kemenkes Konfirmasi 2 Pasien Omicron Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)