Acha-Irwansyah Akur Bikin Heboh, Bisa Kok 'Baik-baik' Sama Mantan Tanpa Baper

ADVERTISEMENT

Acha-Irwansyah Akur Bikin Heboh, Bisa Kok 'Baik-baik' Sama Mantan Tanpa Baper

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 24 Jan 2022 16:30 WIB
Acha Septriasa dan Keluarga Irwansyah
Acha, Zaskia Sungkar, dan Irwansyah. (Foto: Instagram: @irwansyah_15)
Jakarta -

Baru-baru ini, Irwansyah dan Zaskia Sungkar kedatangan tamu istimewa di rumahnya, yaitu Acha Septriasa. Acha merupakan mantan kekasih Irwansyah, tetapi pertemuan mereka bertiga tetap terlihat akur dan harmonis.

Momen bahagia ini pun terlihat dalam Instagram mereka dan jadi sorotan netizen. Zaskia Sungkar, Irwansyah, hingga Acha pun saling membagikan foto bahagia pada momen tersebut.

"Abiii @irwansyah_15 ko senyumnya maniez bgt cubit kecil ni," tulis Zaskia Sungkar dalam Instagram miliknya.

Postingan itu pun langsung mendapatkan banyak komentar dari netizen. Bahkan, banyak dari mereka yang kagum atas keberanian Irwansyah dan Zaskia Sungkar yang mendatangkan Acha Septriasa di rumahnya.

Nah, kira-kira bagaimana sih tips menjalin hubungan baik dengan mantan kekasih seperti Irwansyah dan Acha? Mengingat keduanya sudah memiliki pasangan dan keluarga masing-masing.

Menurut psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarium dari Pro Help Center, jika ingin menjalin hubungan dengan mantan harus diputuskan atau didiskusikan terlebih dahulu bersama dengan pasangan, baik itu dari segi manfaat dan konsekuensinya.

"Yang jelas jika memutuskan untuk menjalin hubungan baik dengan mantan, ini harus diputuskan bersama. Dibahas bersama tentang benefit dan konsekuensinya dan diputuskan bersama. Bahas pula batasan batasannya, yaitu sejauh mana bisa berhubungan sebagai teman. Apa yang boleh dan tidak boleh," kata Nuzulia saat dihubungi oleh detikcom, Senin (24/01/2022)

Apabila diskusi dengan pasangan seperti ini telah dilakukan, maka bukan hal yang tak mungkin untuk menjalin hubungan baik dengan mantan masing-masing. Hal ini karena setiap pasangan pasti sudah memiliki rasa saling percaya dan memegang kesepakatan bersama.

"Jika ini sudah dilakukan maka bukan hal yang tidak mungkin untuk menjalin hubungan baik dengan mantan masing-masing. Hal ini karena setiap pasangan sudah memiliki rasa saling percaya dan sudah memegang kesepakatan bersama," lanjutnya.

Akan tetapi, jika pasangan memiliki sikap cemburuan, ada baiknya kita menjaga jarak dengan mantan kekasih. Sebab, hal ini bisa memicu kondisi psikologis tertentu, seperti cemas, rasa tidak aman, hingga rasa takut kehilangan yang besar. Itu mengapa penting sekali mengenal karakter psikologis pasangan sebelum memutuskan bertemu dengan mantan kekasih ya.

"Kenali dulu diri sendiri dan pasangan. Jika memang memiliki sifat cemburuan, boleh untuk memutuskan tidak berhubungan apapun dengan mantan. Jika memang memiliki kondisi psikologis tertentu misalnya rasa tidak aman, rasa cemas atau rasa takut kehilangan yang besar, boleh juga memutuskan tidak berhubungan kembali dengan mantan. Kenali diri dan pasangan. Kenali karakter dan kenali psikologis diri dan pasangan sebelum memutuskan," sambungnya lagi.



Simak Video "Psikolog soal Tragedi Kanjuruhan: Ada Ketidaksiapan Menerima Kekalahan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT