Selasa, 25 Jan 2022 12:30 WIB

Tahun 2022 Momen Penting Pandemi COVID-19, Penentu Nasib Dunia

Firdaus Anwar - detikHealth
Poster Foto ilustrasi: Edi Wahyono
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan dua tahun lebih mulai menunjukkan perubahan. Pakar di Amerika Serikat (AS) menyebut tahun 2022 ini akan menjadi momen penting penentu nasib dunia.

Kemunculan COVID-19 varian Omicron memang mengejutkan sebagian besar pihak. Namun, menurut ahli penyakit infeksius Dr John Swartzberg dari University of California, ini juga bisa jadi petunjuk arah pandemi.

Berkaca dari pengalaman Afrika Selatan yang pertama mengidentifikasi Omicron lalu Inggris, gelombang Omicron hanya berlangsung singkat. Kasusnya cepat naik kemudian cepat juga turun.

Akan ada 'periode senyap' yang dapat meningkatkan semangat kembali ke kehidupan normal. Usai gelombang Omicron diprediksi populasi dunia akan memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi berkat vaksin booster atau reinfeksi.

"Akan ada rasa optimis, dan kemudian kita bisa melakukan lebih banyak hal," kata Dr John seperti dikutip dari CNN, Selasa (25/1/2022).

Mantan Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Tom Frieden, mengatakan 2022 bisa jadi tahun terakhir pandemi COVID-19.

"Saya pikir bila kita melakukannya dengan benar, 2022 akan jadi tahun terakhir COVID-19 mendominasi hidup kita," pungkasnya.



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)