Selasa, 25 Jan 2022 14:53 WIB

Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda, Putri Nurul Arifin Meninggal Karenanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sejumlah keluarga dan kerabat saat melayat di rumah duka Maura Magnalia Widyaratri anak dari Nurul Arifin di kediamannya di Puri Cinere, Depok, Selasa, (23/1). Putri Nurul Arifin meninggal karena penyakit jantung (Foto: Palevi/detikcom)
Jakarta -

Inalillahi, putri sulung artis senior Nurul Arifin, Maura Magnalia, meninggal dunia hari ini dalam usia 27 tahun. Penyebab meninggalnya disebut akibat serangan jantung di usia muda.

"Mendadak (meninggalnya karena) jantung," kata Nurul Arifin, Selasa (25/01/2022).

Belakangan, suami Nurul Arifin, Mayong Suryolaksono menyebut Maura meninggal karena cardiac arrest atau henti jantung.

Penyakit jantung bisa terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai makanan ke otot jantung terhambat. Sumbatan ini bisa karena plak, sobekan dinding jantung, tumpukan lemak (kolesterol) atau bekuan darah.

Dikutip dari situs resmi WHO, tercatat sebanyak 17,9 juta orang di dunia yang meninggal tiap tahun akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Pada beberapa dekade terakhir, penyakit jantung kebanyakan dialami oleh pria berusia di atas 50 tahun dan wanita di atas usia 65 tahun.

Namun, bukan berarti penyakit jantung hanya menyerang usia lanjut. Dikutip dari Cleveland Clinic, penyakit ini juga relatif menyerang kalangan muda yang usianya sekitar 20 sampai 40 tahun.

Untuk itu, penting mengetahui ciri-ciri penyakit jantung di usia muda sejak dini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah informasinya:

Ciri-ciri Penyakit Jantung di Usia Muda

1. Nyeri Dada

Ciri-ciri penyakit jantung di usia muda bisa ditandai dengan nyeri di dada. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh aktivitas fisik, seperti olahraga.

Gejala yang ditimbulkan dapat berupa sesak napas, adanya tekanan di dada, dan dada terasa berat. Selain itu, nyeri ini bisa menjalar ke area rahang, bahu atau lengan.

2. Mual

Merasa mual memang tak selalu berhubungan dengan penyakit jantung. Bisa saja akibat salah makan, pusing, dan lainnya. Namun, jika mual tersebut disertai dengan rasa nyeri di dada, patut diwaspadai sebagai ciri-ciri penyakit jantung.

3. Sakit Perut

Sakit perut juga bisa menandakan ciri-ciri penyakit jantung di usia muda. Pengidap biasanya akan merasa sensasi terbakar di area perut yang menjalar ke dada.

4. Berkeringat

Berkeringat umumnya dapat terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas fisik atau kepanasan di siang hari. Namun, jika seseorang mengalami keringat secara berlebihan dengan kondisi ruangan sejuk atau istilah lainnya keringat dingin, bisa jadi hal ini adalah ciri-ciri penyakit jantung di usia muda.

5. Nyeri dan Sakit Pada Bagian Kaki

Ciri-ciri penyakit jantung di usia muda berikutnya adalah merasakan sakit di bagian kaki. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa kram yang nyelekit di bagian kaki, terutama betis

6. Nyeri dan Sakit Pada Bagian Lengan

Selain kaki, nyeri di bagian tangan juga disebut sebagai ciri-ciri penyakit jantung di usia muda. Kondisi ini biasanya timbul di lengan kiri yang menjalar ke leher.

7. Kelelahan dan Mudah Lelah

Tubuh lemas dapat terjadi saat seseorang melakukan aktivitas, seperti berolahraga. Namun, jika rasa lelah ini dirasakan saat tidak melakukan apapun, bisa jadi hal ini adalah ciri-ciri penyakit jantung di usia muda.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)