Anak Nurul Arifin Meninggal Henti Jantung, Cek Bedanya dengan Serangan Jantung

ADVERTISEMENT

Anak Nurul Arifin Meninggal Henti Jantung, Cek Bedanya dengan Serangan Jantung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 25 Jan 2022 15:30 WIB
Sejumlah keluarga dan kerabat saat melayat di rumah duka Maura Magnalia Widyaratri anak dari Nurul Arifin di kediamannya di Puri Cinere, Depok, Selasa, (23/1).
Anak Nurul Arifin meninggal dunia. (Foto: Palevi/detikcom)
Jakarta -

Putri sulung artis senior Nurul Arifin, Maura Magnalia Madyaratri, meninggal dunia pada Selasa (25/1/2022) karena henti jantung. Informasi ini disampaikan suami Nurul, Mayong Suryo Laksono.

Sang putri mengalami sudden cardiac arrest atau henti jantung mendadak, sempat dibawa ke rumah sakit.

"Dia kalau penyebab sakitnya kan henti jantung, terus tadi kami bawa ke rumah sakit pukul 05.00 WIB pagi, dinyatakan meninggal 05.37 WIB. Jadi ada waktu 37 menit. Dari rumah sudah lemas dan dingin. Karena memang kondisinya lagi drop, dia tidak tidur lagi ngurusi wisudanya bulan depan, dia akan wisuda dari Sidney University, dia baru selesai S2. Wisudanya masih belum tahu boleh atau tidak pergi Australia karena lagi lockdown," jelas dia.

Spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, sebelumnya menjelaskan kondisi tersebut terjadi ketika jantung berhenti memompa darah. Akibatnya, aritmia jantung tak bekerja sebagaimana seharusnya.

"Penyebab paling sering dari henti jantung mendadak adalah serangan jantung sehingga kedua ini sering disamakan oleh masyarakat," tuturnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Memang apa bedanya dengan serangan jantung?

Serangan jantung umumnya muncul saat ada gangguan aliran darah di pembuluh darah. Secara tiba-tiba terjadi lantaran pembuluh darah tersumbat. Biasanya karena ada pembekuan darah. Komplikasi ini juga bisa menyebabkan henti jantung.

"Serangan jantung bisa menyebabkan henti jantung dan gagal jantung sekaligus," sambung dr Vito.



Simak Video "Kenali Penyebab Henti Jantung yang Diduga Pemicu Tewaskan 153 Orang di Itaewon"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT