Rabu, 26 Jan 2022 05:29 WIB

6 Obat Sakit Gigi Anak Tradisional, Bantu Redakan Nyeri Si Kecil dengan Cepat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Teenager boy patient at the dentist. A boy with problem teeth sitting in a dental chair Obat sakit gigi anak tradisional (Foto: Getty Images/iStockphoto/davit85)
Jakarta -

Sakit gigi menjadi salah satu keluhan yang kerap dialami oleh anak-anak, baik itu giginya berlubang hingga masalah pada gusi. Hal ini disebabkan karena anak belum mengerti menjaga kesehatan mulut dan giginya. Lantas, apakah ada obat sakit gigi anak tradisional yang ampuh digunakan?

Jawabannya adalah tentu saja. Daripada menggunakan obat medis yang memiliki sejumlah efek samping, lebih baik menggunakan obat sakit gigi anak tradisional yang khasiatnya juga tak kalah dari obat medis.

Dikutip dari Dentistry, berikut obat sakit gigi anak tradisional yang bisa dicoba di rumah. Tak perlu khawatir, mudah dilakukan kok.

Obat Sakit Gigi Anak Tradisional

1. Kompres Es Batu

Bungkus beberapa es batu dengan kain dan tempelkan dengan lembut di pipi anak dekat dengan area gigi yang sakit. Cara ini berguna untuk menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan atau peradangan. Tahan kompres pada area yang sakit selama 20 menit dan ulangi setiap beberapa jam.

2. Kumur Air Garam

Kumur menggunakan air garam merupakan salah satu obat sakit gigi anak tradisional yang diklaim cepat meredakan sakit gigi. Sebab, garam diketahui memiliki kandungan yang ampuh membunuh bakteri dengan cepat.

Caranya:

  • Ambil segelas air hangat
  • Campurkan setengah 1/2 sendok teh garam
  • Lalu, suruh anak untuk berkumur

3. Bawang Putih

Obat sakit gigi anak tradisional berikutnya adalah bawang putih. Mengingat bawang putih dapat membuat napas menjadi bau, namun khasiatnya untuk meredakan sakit gigi sangatlah manjur.

Hal ini karena sifat antibakterinya yang dapat membunuh bakteri hingga meredakan sensasi nyeri pada anak.

Caranya:

  • Cukup hancurkan satu atau dua bawang putih
  • Tumbuk hingga menjadi pasta
  • Oleskan pada area gigi anak yang sakit

4. Gunakan Minyak Cengkih

Minyak ini diklaim memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang berguna melawan sakit gigi. Bahkan, kandungan eugenol di dalamnya dapat memberikan anestesi alami yang bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi si kecil. Itu mengapa banyak orang yang menggunakan minyak cengkih sebagai obat sakit gigi anak tradisional.

Caranya:

  • Rendam kapas pada minyak cengkih
  • Tempelkan pada area gigi yang sakit
  • Diamkan selama 30 menit

5. Gunakan Teh Celup Peppermint

Obat sakit gigi anak tradisional berikutnya adalah teh celup peppermint. Kantong teh ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengendurkan gusi yang sensitif.

Caranya:

  • Masukkan kantong teh peppermint yang baru digunakan ke dalam freezer selama beberapa menit
  • Setelah itu, tempelkan pada pipi dan gusi anak untuk meredakan sakit gigi

Jika tidak memiliki teh celup, bisa menggunakan minyak esensial peppermint yang dicampurkan dengan minyak cengkih. Tuangkan pada kapas dan tempelkan di area yang sakit.

6. Pijat Menggunakan Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera dikenal sebagai salah satu obat sakit gigi anak tradisional yang memiliki sifat antibakteri alami. Sifat tersebut berguna untuk membunuh bakteri di dalam mulut yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

Caranya:

  • Oleskan gel lidah buaya ke area yang sakit dan pijat dengan lembut

Jika obat sakit gigi tradisional di atas ini tak ada yang ampuh meredakan nyeri si kecil dalam waktu 24 jam, segera membawanya ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan atau resep obat medis berdasarkan anjuran dokter.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)