Rabu, 26 Jan 2022 11:51 WIB

Muncul Varian BA.2 Dijuluki 'Son of Omicron', Apa Lagi Sih Itu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept Muncul varian BA.2, apa sih itu? (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Topik Hangat Son of Omicron
Jakarta -

Saat ini para ilmuwan dunia melakukan pemantauan atas varian baru BA.2 yang dijuluki 'son of Omicron'. Apa lagi sih itu?

Varian ini pertama kali ditemukan dan diselidiki oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), dikhawatirkan memiliki karakter yang sama dengan Omicron karena mutasinya. Kabar baiknya, varian ini tidak masuk dalam 'variant of Concern' oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Artinya, tidak ada bukti saat ini yang menunjukkan bahwa subvarian baru ini akan memperburuk penularan COVID-19, keparahan penyakit, atau kemanjuran vaksin dan upaya kesehatan masyarakat seperti penggunaan masker dan jarak sosial.

Dikutip dari laman ABC News, setidaknya 40 negara telah melaporkan kasus BA.2 dengan hampir setengah dari kasus baru-baru ini di Denmark dikaitkan dengan subvarian tersebut. Sementara lebih dari 8.000 kasus BA.2 telah diidentifikasi sejak November 2021, tidak jelas dari mana asal BA.2.

Mengingat jumlah yang meningkat, WHO meminta para ilmuwan untuk tetap mengawasi dan mempelajari subvarian baru secara terpisah dari Omicron, untuk melihat apakah ia berperilaku berbeda.

"Ini adalah sifat alami virus untuk berevolusi dan bermutasi, jadi diharapkan kita akan terus melihat varian baru muncul saat pandemi berlangsung. Sejauh ini, tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah BA.2 menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada Omicron BA.1, tetapi datanya terbatas," kata Dr. Meera Chand, direktur insiden COVID-19 UKHSA.

Evolusi subvarian COVID-19 bukanlah hal baru. Varian delta juga memiliki beberapa subvarian, tetapi para ilmuwan menyebut semuanya sebagai varian Delta. BA.2, bagaimanapun, telah mendapatkan sebutannya sendiri karena meningkatnya jumlah di beberapa negara.



Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Son of Omicron