Kamis, 27 Jan 2022 14:46 WIB

Amerika Catat Kasus COVID-19 Tertinggi, Rekor Terbanyak Selama Pandemi

Ayunda Septiani - detikHealth
Total kasus virus Corona (COVID-19) di Amerika Serikat (AS) melampaui angka 20 juta kasus saat tahun baru atau pada 1 Januari 2021. Foto: AP Photo
Jakarta -

Kasus baru COVID-19 di benua Amerika melonjak tinggi dalam seminggu terakhir. Jumlah yang dilaporkan saat ini menjadi jumlah tertinggi sejak pandemi dimulai pada tahun 2020.

American Health Organization (PAHO) mengatakan kenaikan kasus dipicu oleh varian Omicron. Dikutip dari laman Reuters, ada lebih dari 8 juta kasus baru, 32 persen lebih tinggi dari minggu sebelumnya.

Sementara itu kematian di seluruh wilayah juga meningkat 37 persen, dengan total 18.000 kematian baru akibat COVID-19. PAHO mengatakan wilayah Amerika terus memiliki jumlah infeksi baru tertinggi, meskipun kasus menurun hampir 1 juta selama minggu lalu.

Negara-negara di bagian selatan Meksiko juga mencatat kasus infeksi baru tiga kali lipat. Brasil juga mencacat hasil yang sama, dengan kasus baru melonjak 193 persen selama tujuh hari terakhir, kata PAHO dalam pengarahan mingguan.

PAHO merekomendasikan agar negara-negara di wilayah tersebut agar lebih siaga khususnya di masa sekolah agar anak-anak aman secara mental dan fisik mereka. Mereka juga mendesak orang tua agar anak-anak mereka dapat divaksinasi.

"Banyak negara telah mengizinkan dan secara aman memberikan vaksin COVID kepada remaja," kata PAHO.

Pekan lalu, kelompok ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang imunisasi mengesahkan vaksin COVID yang dikembangkan oleh Pfizer Inc untuk anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun. Ini adalah jalan bagi negara-negara untuk meluncurkan vaksin bagi anak-anak di negara mereka.

AS sendiri masih menjadi negara yang memiliki banyak kasus infeksi COVID-19. AS mencatat adanya total 74.022.272 kasus infeksi dan 897.932 kematian sejauh ini.



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)