Kamis, 27 Jan 2022 19:31 WIB

Kenali Gejala COVID Omicron Varian Baru, Benarkah Mirip Flu Biasa?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Statistik Virus Corona di Jakarta menjadi acuan penting untuk mengetahui perkembangan kasus COVID-19. Oleh sebabnya, setiap waktu datanya terus diperbaharui. Foto: Getty Images/iStockphoto/Teka77
Jakarta -

Gejala COVID Omicron varian baru diketahui sangat mirip dengan penyakit flu biasa. Hal ini pun juga dibenarkan oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang menyatakan varian Omicron mirip seperti flu.

"Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa," kata Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron'.

Selain itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga mengklaim bahwa varian Omicron menimbulkan gejala yang lebih ringan dibandingkan varian Delta. Berdasarkan laporannya pada Desember 2021 lalu, berikut gejala COVID Omicron varian baru yang ditemukan:

  • Batuk 89 persen
  • Kelelahan 65 persen
  • Hidung tersumbat atau rirone 59 persen
  • Demam 38 persen
  • Mual atau muntah 22 persen
  • Sesak napas 16 persen
  • Diare 11 persen
  • Anosmia atau ageusia 8 persen

Meskipun bergejala ringan, infeksi Omicron tak bisa diremehkan begitu saja. Sebab, COVID-19 varian baru ini sangat cepat menular dibandingkan varian lainnya. Bahkan, bisa menyebabkan perburukan gejala hingga risiko kematian.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui konferensi pers Kamis (27/1/2022), tercatat ada tiga pasien COVID-19 yang dilaporkan meninggal dunia. Dari ketiga pasien tersebut diketahui memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Itu mengapa pemerintah terus mengenjot masyarakat untuk melakukan vaksinasi, terutama untuk kelompok prioritas, yakni lansia (lanjut usia) dan komorbid agar bisa meringankan gejala COVID Omicron varian baru ini.



Simak Video "Simak Lagi! Ini 4 Derajat Keparahan Gejala Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)