ADVERTISEMENT

Sabtu, 29 Jan 2022 10:04 WIB

Tak Hanya Vaksin, Booster Imun Juga Bisa Didapat dari 3 Vitamin Ini

Atta Kharisma - detikHealth
Buah-buahan Sehat Mengandung Vitamin Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Situasi pandemi COVID-19 boleh saja membaik, tapi bukan berarti kita bisa abai dalam menjaga kondisi tubuh. Oleh karena itu, World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian vaksin booster untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus COVID-19.

Sayangnya, di Indonesia sendiri pemberian vaksin booster COVID-19 belum bisa dilakukan secara menyeluruh dan maksimal. Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab booster imun tidak hanya bisa diperoleh dari vaksinasi saja.

Booster imun tambahan juga bisa diperoleh dari vitamin. Pertanyaannya, vitamin apa saja yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan wabah COVID-19? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 jenis vitamin yang dapat kamu konsumsi serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

1. Vitamin C

Sebagai booster sistem imun tubuh terbesar, Vitamin C dapat melindungi tubuh kamu dari serangan berbagai macam penyakit. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan serta memproduksi kolagen yang baik bagi kesehatan.

Vitamin C dapat ditemukan pada makanan seperti jeruk, lemon, stroberi, paprika, pepaya, kangkung, dan brokoli.

2. Vitamin B6

Vitamin yang satu ini memiliki fungsi mendukung reaksi biokimia yang ada pada sistem kekebalan tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga. Bahkan, ilmuwan Thanutchaporn Kumrungsee dan timnya menemukan Vitamin B6 berpotensi dalam membantu menenangkan badai sitokin dan membuka sumbatan bekuan darah yang terkait dengan tingkat keparahan pada pasien COVID-19.

Vitamin B6 dapat diperoleh dari makanan seperti sayuran hijau, daging ayam, serta daging ikan seperti salmon dan tuna.

3. Vitamin E

Banyak orang yang menganggap Vitamin E sekadar untuk menunjang kesehatan kulit saja. Namun, vitamin ini ternyata juga memiliki khasiat yang ampuh dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Vitamin E memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan molekul berbahaya yang merusak jaringan, organ, dan sel-sel dalam tubuh. Vitamin E juga dapat memperkuat sistem imun tubuh sehingga mampu melawan infeksi bakteri dan virus. Vitamin ini dapat kamu peroleh dari makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Konsumsi makanan bervitamin saja pastinya tidak cukup dalam melindungi tubuh di masa pandemi, terutama dengan munculnya varian Omicron yang diklaim lebih berbahaya dari varian sebelumnya. Untuk itu, kamu bisa melengkapi kebutuhan asupan vitamin dan nutrisi dengan mengkonsumsi menu tambahan, seperti susu.

Salah satunya adalah Ensure, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan kesehatan tapi juga booster yang berguna meningkatkan sistem imun tubuh. Ensure memiliki nutrisi lengkap dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein, dan soya, omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, kandungan laktosa yang rendah, serta nutrisi penting lainnya yang bantu dukung kekuatan dan ketahanan sistem kekebalan tubuh.

Ensure juga terbukti secara klinis sebagai brand dengan penjualan nomor 1 di dunia, serta produk bernutrisi nomor 1 yang direkomendasikan di Indonesia. Minum Ensure dua gelas sehari untuk bantu dukung pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan aktif sepanjang hari meski di masa pandemi.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT