Jumat, 28 Jan 2022 15:00 WIB

Mielitis Transversa Jadi Efek Samping AstraZeneca, Komnas KIPI Angkat Bicara

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Uni Eropa Sebut Pembekuan Darah Efek Samping Vaksin AstraZeneca Foto: 20detik
Jakarta -

Badan regulator obat-obatan Inggris (MHRA) mengungkapkan vaksin AstraZeneca atau Vaxzevria dikaitkan dengan efek samping mielitis transversa.

Mielitis transversa (TM) adalah gangguan neurologis akut langka yang menyerang sumsum tulang belakang. Mielitis transversa dapat menyebabkan kelemahan pada lengan atau kaki, gejala sensorik atau masalah dengan fungsi kandung kemih atau usus.

Dikutip dari laman resmi UK Government, MHRA terus memantau laporan dugaan mielitis transversa setelah vaksinasi COVID-19 sejak dimulainya program tersebut. Per 19 Januari 2022, mereka telah menerima 108 laporan dugaan TM setelah pemberian COVID-19 AstraZeneca.

Terkait kasus mielitis transversa di Indonesia usai vaksinasi, Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof Hindra Irawan Satari mengatakan sudah ada beberapa laporan. Namun setelah ditelusuri, kasus tersebut tidak terkait langsung dengan vaksin COVID-19

"Ada laporan yang masuk, jumlahnya sangat sedikit, sebagian tidak terkait imunisasi dan seluruhnya sembuh sempurna," bebernya kepada detikcom, Jumat (28/1/2022).

Ciri-ciri mielitis transversa yang bisa muncul:

  • Kelemahan otot
  • Nyeri punggung yang menjalar
  • Kebas
  • Mati rasa
  • Sering buang air kecil atau besar

MHRA menyarankan pasien yang mengalami episode mielitis transversa setelah dosis pertama vaksin COVID-19 AstraZeneca untuk tidak menerima dosis lanjutan.

Sementara itu pada 15 Januari lalu, panel keamanan dari regulator obat Eropa (EMA) memasukkan mielitis transversa sebagai efek samping vaksin COVID-19 AstraZeneca. Komite EMA, setelah meninjau data, menyimpulkan ada kemungkinan hubungan sebab akibat antara kedua vaksin dan mielitis transversa.



Simak Video "Kata Satgas soal Vaksin Covid-19 Umat Islam Akan Diganti yang Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)