Jumat, 28 Jan 2022 21:00 WIB

Pria 67 Tahun Baru Sadar Punya Kelamin Ganda Usai Lakukan Hal Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi ereksi Heboh pria punya kelamin ganda. (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang pria berusia 67 tahun pergi ke rumah sakit dan berencana untuk melakukan operasi. Ia mengeluhkan benjolan di area selangkangan yang dipercaya sebagai hernia.

Pria yang tidak diketahui identitasnya itu memang lahir dengan hanya satu testis yang turun. Dokter mendiagnosisnya mengidap hernia inguinalis, yaitu kondisi saat jaringan menusuk ke selangkangan di bagian atas paha bagian dalam.

Dikutip dari New York Post, pria tersebut mengalami kondisi ini selama 10 tahun. Benjolan itu akan membesar saat ia berdiri atau batuk, akan mengempis saat berbaring.

Selama operasi, ahli bedah menemukan struktur seperti buah pir. Setelah diperiksa, mereka menemukan rahim, leher rahim, tuba falopi dan ovarium, serta testisnya yang hilang.

Dokter mendiagnosisnya mengalami penyakit yang sangat langka yang dikenal sebagai Persistent Mullerian duct syndrome (PMDS). Kasus ini dipublikasikan dalam jurnal Urology Case Reports oleh petugas medis yang bekerja di Universitas Prishtina.

PMDS merupakan kondisi ketika seorang pria memiliki organ reproduksi wanita, selain penis dan skrotum mereka. Dilaporkan hanya ada 200 kasus yang mengalami kondisi tersebut.

PMDS terjadi saat awal rahim yang dikenal sebagai saluran Mullerian tidak rusak pada awal perkembangan laki-laki. Akibatnya, beberapa anak laki-laki dilahirkan dengan organ reproduksi pria dan wanita.

Gejala utama dari kondisi ini salah satunya adalah testis yang tidak turun dan muncul hernia inguinalis di selangkangan.

Namun, organ wanita pada kasus ini biasanya tidak bisa ditemukan secara langsung. Perlu dilakukan pembedahan atau operasi untuk mengatasinya.



Simak Video "Tolong! Bocah Berkelamin Ganda di Cianjur Butuh Bantuan untuk Operasi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)