Viral Gundam Diambil Ponakan, Psikolog Singgung Masalah Personal Boundaries

ADVERTISEMENT

Viral Gundam Diambil Ponakan, Psikolog Singgung Masalah Personal Boundaries

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 31 Jan 2022 19:47 WIB
Robot ASIMO di Museum Miraikan dan Gundam di Odaiba, Tokyo
Foto ilustrasi: Fitraya Ramadhanny
Jakarta -

Beredar cerita viral keluhan netizen yang model gundamnya diambil tanpa izin untuk ponakan. Sang netizen membagikan beberapa tangkapan layar percakapan di WhatsApp yang menunjukkan bagaimana ia akhirnya berselisih dengan orang tua ponakannya.

"Sekarang 2 robot kesayangan saya hilang.. Gundam Barbatos harga 750 K sama Gundam bekas tipe war GP - 03 harga 1.800.. Udahlah ngak bilang-bilang.. dikatain harga murah.. dikatain 'SEKOLAH DI PIKIR JANGAN BISNIS MULU.. NGAK BELAJAR SOPAN SANTUN?!'" tulis sang netizen.

Banyak pengguna media sosial lain geram membaca kisah viral tersebut. Tidak sedikit juga yang membagikan pengalaman menghadapi keluarga yang suka mengambil barang pribadi tanpa izin.

Psikolog anak dan keluarga Astrid W. E. N., MPsi, dari Klinik PION Clinician berkomentar bahwa keluarga di Indonesia memang masih asing dengan konsep personal boundaries atau batasas pribadi. Ini karena banyak keluarga lebih mengedepankan semangat kolektif.

"Serumah ada yang sama kakek-nenek, orang tua, anak, sepupu, nyampur deh. Ada yang anaknya udah besar masih tidur bareng. Kadang ini karena masalah finansial tapi ada juga yang bukan," kata Astrid saat dihubungi detikcom, Senin (31/1/2022).

Dampak dari hal ini adalah kadang konsep batasan pribadi jadi mudah diabaikan. Akhirnya bisa terjadi konflik di antara anggota keluarga karena minim rasa saling menghargai.

"Perlu dikomunikasikan secara jelas agar orang lain peka boundaries kamu apa saja sih. Masalah batasan pribadi ini mulai kuat di generasi saat ini," lanjut Astrid.

"Kalau hukum universal jelas kamu punya barang saya enggak bisa ambil. Nah kalau masuk ke keluarga, regulasi itu blur. Jadi harus diberi tahu," pungkasnya.



Simak Video "Kok Kamu Klepto Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT