Jumat, 04 Feb 2022 17:30 WIB

Hari Kanker Sedunia 2022

Jupe Sempat Titip Pesan soal Kanker Serviks, Ini Katanya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pengajian 40 Hari Julia Perez di kediamannya di Cibubur. Jupe sempat menitipkan pesan pada Zaskia Adya Mecca dan Prilly Latuconsina tentang pentingnya pencegahan kanker serviks. Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Dunia tengah memperingati Hari Kanker Sedunia. Selebriti Yuli Rahmawati alias Julia Perez (Jupe) meninggal dunia akibat kanker serviks stadium empat pada Juni 2017.

Sebelum meninggal dunia, ia sempat menitipkan catatan berharga pada sejumlah selebritis tentang pentingnya vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) untuk mencegah kanker serviks atau leher rahim.

Salah satunya, kepada Zaskia Adya Mecca. Zaskia mengisahkan, dirinya sempat menjenguk Jupe di masa akhir hidup. Pada kesempatan itu, Jupe tak henti-hentinya mengingatkan Zaskia untuk segera divaksinasi HPV. Jupe ingin, perempuan-perempuan Indonesia paham betapa vaksin HPV penting untuk mencegah kanker serviks.

"Pas jenguk Kak Jupe di akhir hidup, dia mengingatkan 'Zas, lo harus meningkatkan awareness ini, tersadar sendiri. Sudah pap smear atau belum? Sudah vaksin atau belum?'" ujar Zaskia dalam webinar Hari Kanker Sedunia 2022, Jumat (4/2/2022).

"Karena buat aku yang namanya vaksin, pap smear, dan lain-lain aku tidak tahu betapa pentingnya vaksin tersebut buat aku. Alhamdulillah dengan ada contoh sendiri depan mata, almarhumah mengingatkan semua perempuan Indonesia harus aware betapa pentingnya (vaksin HPV)," sambungnya.

Kisah serupa disampaikan oleh selebriti Prilly Latuconsina. Prilly mengisahkan, kakak dari ibunya meninggal dunia akibat kanker serviks. Meski tak ada riwayat kanker di keluarga Prilly, ia mengira, kanker serviks disebabkan faktor genetik. Prilly mengaku, awalnya sama sekali tak tahu bahwa terdapat vaksin yang bisa mencegah kanker serviks.

Jupe menyampaikan nasihat senada pada Prilly tentang pentingnya vaksin HPV. Dari pesan Jupe, Prilly memahami bahwa kanker serviks adalah kanker yang bisa dicegah dengan vaksin.

"Aku kenal almarhumah Kak Jupe. Kita sering sharing, almarhumah ngebantuin aku kalau aku lagi kenapa-kenapa. Tiba-tiba ada berita buruk tentang dia yang akhirnya dia mengumumkan dia terkena kanker serviks," terang Prilly dalam kesempatan yang sama.

"Waktu itu kita sedih banget, nggak nyangka banget. Akhirnya dia banyak sharing sama aku kanker serviks itu apa, aku sempat ke rumah dia sehabis dia kemoterapi. Dia kenalin aku ke vaksin HPV," pungkasnya.



Simak Video "Simak! Penjelasan Kemenkes soal Program Vaksin Kanker Serviks Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)